Green Smart Leaders Menampilkan Proyek Daur Ulang Inovatif Siswa SMA

saranginews.com, JAKARTA – IMCD Indonesia, mitra dan pengembang bahan kimia dan kerajinan, menggelar pameran dan kompetisi IMCD Green Smart Leaders untuk siswa sekolah menengah atas (SMA).

Acara ini memamerkan proyek daur ulang inovatif yang dibuat oleh mahasiswa dan akademisi untuk meningkatkan kesadaran akan keberlanjutan generasi muda.

BACA JUGA: JICT dukung MRI daur ulang sampah makanan yang memecahkan rekor

Managing Director IMCD Indonesia Adelia Sia mengatakan program ini merupakan kelanjutan dari program IMCD STEM4Youth tahun 2022 yang bekerja sama dengan YCAB Foundation.

“Proyek ini mendukung kesadaran terhadap isu lingkungan dan berkontribusi terhadap kehidupan berkelanjutan bagi generasi mendatang,” kata Adelia Sia dalam keterangannya, Jumat (10/5).

BACA JUGA: Yayasan Mahija Parahita Nusantara Hibah Dana Pendidikan Kepada Pejuang Kebangkitan

Siswa yang berpartisipasi dalam program Smart Green Leaders menerima pelatihan pengelolaan sampah, kehidupan berkelanjutan dan dukungan untuk menjadi wirausaha sosial.

Siswa kemudian akan dibimbing untuk mengidentifikasi masalah lingkungan dan mengembangkan proyek daur ulang baru sebagai solusinya.

BACA JUGA: Revitalisasi Taman Kota, Samsonite Indonesia Daur Ulang Koper

Siswa akan memamerkan karya-karya baru dari bahan daur ulang yang berfokus pada kreativitas dan dampak positif.

Karya-karya terpilih akan dipamerkan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan karyanya.

Adriaan Palm, Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia, berharap banyak anak muda yang memberikan dampak positif, dimulai dari lingkungan.

“Kaum muda memiliki ide-ide paling positif, dan mereka memiliki energi untuk mengubah lingkungan dan membangun masa depan yang lebih baik,” kata Adriaan.

Tujuan diadakannya pameran ini adalah untuk menampilkan dan memamerkan hasil karya kelompok siswa dari dua sekolah yang telah mendapatkan pelatihan Kewirausahaan Hijau.

Acara ini menampilkan pencapaian, inovasi dan perkembangan dalam proyek daur ulang. Tiga tim pemenang dipilih dari total 20 tim.

Keberhasilan pertama adalah sekelompok mahasiswa dengan proyek yang mengusung tema akuarium stasiun dan aquaponik dengan menggunakan galon sebagai makanan utama. (jlo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *