BAZNAS dan MAAB Malaysia Mengkaji Kerja Sama Optimasi DSKL

saranginews.com, JAKARTA – Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) sedang menjajaki proyek kerja sama dengan MyAngkasa Amanah Berhad (MAAB) Malaysia untuk meningkatkan dana sosial keagamaan lainnya (DSKL).

Ketua Baznas RI Prof. Dr.K.H. Noor Ahmad mengatakan studi prospektif kerjasama dengan MyAngkasa Amanah Berhad Malaysia mencakup beberapa bidang.

Baca Juga: MAAB Malaysia Sebut Baznas Sebagai Smart Empowering People

Hal ini mencakup pengelolaan pusaka atau pusaka dan program pengentasan kemiskinan serta hibah kesejahteraan manusia.

“Kami sedang mencari proyek untuk mendapatkan dukungan guna meningkatkan DSKL yang dapat digunakan untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Kayai Noor dalam keterangannya, Rabu (8/5).

Baca Juga: Baznas Tanggap Bencana Respon Cepat Bencana Banjir dan Longsor di Sulawesi Selatan

Kayai Nur menjelaskan, dengan meningkatkan penghimpunan BAZNAS DSKL, dapat digunakan untuk membiayai banyak program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia mencontohkan Kemenag, Beasiswa Baznas, Bank Zekat Mikro, Z Mart, Z Ayam, Z Kopi, Z Corner, Z Auto, serta Program Kampung Zakat Berbasis Pesantren terkait pemanfaatan Baznas secara ekonomi. .

Baca Juga: Baznas Bubarkan Infaq untuk Dukung Kesejahteraan Mustahab

“Baznas juga memiliki Program Centerpreneur, Baznas Keuangan Mikro Masjid, Bedah Masjid, Bedah Rumah, Baznas Rumah Sehat, Sanitasi dan Air Bersih, Baznas Tanggap Bencana dan Bina Keluarga Mustahik,” kata Kayai Noor.

Untuk menyukseskan program-program tersebut, BAZNAS menggandeng BAZNAS di wilayah regional dan kabupaten/kota, termasuk Fasilitas Pelaksana Zakat (LAZ) dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

Kayai Nor mengatakan, kapasitas dana ZIS DSKL di Indonesia mencapai Rp327 triliun dalam satu tahun. Pada tahun 2023, Baznas berhasil menghimpun dana sebesar Rp33 triliun, dan target penghimpunannya mencapai Rp41 triliun pada tahun 2024.

Sementara itu, Chief Commercial Officer MyAngkasa Amanah Berhad (MAAB) Malaysia Tuan Haji Zukifli Ismail mengatakan pihaknya saat ini sedang berupaya menggandeng BAZNAS untuk lebih meningkatkan pengelolaan DSKL.

Beliau mengatakan: “Tujuan kedatangan MyAngkasa Amanah Berhad ke Malaysia adalah kami akan mencoba mencari cara untuk membangun kerjasama antara BAZNAS dan MyAngkasa Amanah Berhad dalam reformasi DSKL, termasuk administrasi dan pengelolaan hibah,” ujarnya. dikatakan. (jlo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *