Android 15 Sajikan Informasi Kesehatan Memori Internal Ponsel

saranginews.com – Google kembali menyempurnakan sistem operasi Android dengan versi Android 15.

Pada sistem Android 15, Google diketahui menyertakan indikator informasi mengenai status memori internal ponsel berbasis Android.

BACA JUGA: Pengguna X di HP Android kini bisa menggunakan fitur video call

Fitur ini mirip dengan beberapa indikator ponsel yang dapat menunjukkan status baterai, namun fitur yang disertakan di Android 15 siap menampilkan status perangkat penyimpanan pengguna.

Temuan tersebut, pertama kali diungkapkan oleh Android Authority, mengungkapkan antarmuka aplikasi (API) baru untuk Android 15 yang menunjukkan kemampuan untuk memberikan informasi kesehatan penyimpanan kepada operator sistem.

BACA JUGA: Android 14 kini tersedia, pengguna Samsung harus membaca ini

Saat ini, tidak mungkin untuk sekadar mengetahui berapa banyak memori penyimpanan yang digunakan chip ponsel.

Meskipun ini bisa menjadi informasi penting, mengingat chip memori dapat rusak seiring berjalannya waktu, sama seperti komponen perangkat keras lainnya.

BACA JUGA: Google meluncurkan fitur pencarian tanpa gambar baru untuk ponsel Android dan iOS

Dengan diluncurkannya fitur ini di Android 15 dan versi stabilnya, pengguna dapat dengan mudah melihat persentase dan status penyimpanan internal perangkat mereka.

Google menggunakan informasi dari chip memori yang digunakan di setiap perangkat, sebagian besar ponsel modern menggunakan penyimpanan UFS (Universal Flash Memory).

Chip memori ini sebenarnya memiliki indikator bawaan yang menunjukkan berapa banyak yang telah digunakan, namun hal ini jarang diperlihatkan kepada pengguna.

Dengan pengembangan Android 15, Google dapat mengakses informasi ini dan menerjemahkannya ke dalam persentase yang mudah dipahami.

Ponsel Pixel Google kemungkinan besar akan menjadi yang pertama mendukungnya. (gsmarena/jpnn)

BACA ARTIKEL SELENGKAPNYA… Android 14 Tersedia di Ponsel Xiaomi, Ini Daftarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *