Wamendagri: Musrenbang Papua Barat 2024 jadi Momentum Perbaikan Pelayanan kepada Rakyat

saranginews.com, PAPUA BARAT – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menegaskan, Konferensi Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Papua Barat 2024 akan menjadi momentum peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, persoalan yang berdampak pada kemaslahatan rakyat tidak bisa dikompromikan.

BACA JUGA: Pesan Penting Kementerian Dalam Negeri pada Musrenbang Riau 2024

Bagaimanapun hakikat kekuasaan yang diberikan rakyat kepada pemerintah adalah untuk kepentingan rakyat dan bukan untuk kepentingan diri sendiri.

Ia menjelaskan, setelah puluhan tahun terbentuknya provinsi Papua Barat, internal pemerintah perlu menilai apa yang sudah dilakukan dan apa yang belum dilakukan.

BACA JUGA: Jelang Pelantikan Presiden Jokowi, Wamendagri tanya Restu Megawati

Salah satunya dengan memaksimalkan kebijakan Otonomi Khusus (Otsus), agar manfaatnya dapat dirasakan khususnya oleh masyarakat Papua Barat.

“Ada anggapan masyarakat memang menganggap Otsus itu ada, padahal Otsus belum kita alami,” ujarnya kepada awak media usai Musrenbang Provinsi Papua Barat 2024 di ballroom Hotel Méridien Aston Viu Manokwari, sebelah barat. . Papua, Senin (29/4/2024).

BACA JUGA: Anggota DPR PAN Anggap Jabatan Wakil Menteri Dalam Negeri Sebagai Beban Politik

Otonomi khusus, menurut Wempi, bukan hanya persoalan anggaran saja, namun yang terpenting adalah memastikan program pemerintah di Papua berangkat dari aspirasi masyarakat.

Karena program nyata inilah yang dibutuhkan masyarakat.

Ia berharap dengan pemekaran wilayah provinsi Papua Barat, pelayanan publik semakin mudah.

Artinya (dengan otsus, catatan redaksi) Provinsi Papua Barat bisa fokus memikirkan tujuh kabupaten di sekitarnya, ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta berbagai Organisasi Perangkat Daerah (DPO) selaku penanggung jawab pelaksanaan program pemerintah di Papua Barat memahami secara jelas tugasnya di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Papua Barat.

“Musrenbang hari ini belum ada gubernur yang definitif karena belum ada. Tapi saya berharap dengan Musrenbang hari ini, pendekatan yang akan dibahas dan dirumuskan setidaknya bisa sedikit menerjemahkan visi dan misi gubernur yang akan datang”, dia menekankan.

BACA ARTIKEL LAINNYA… Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi mendorong pemerintah daerah memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *