Tip Bisnis dari Sri Agustin, Nasabah PNM Mekaar yang Dipuji Jokowi

saranginews.com, JAKARTA – Pemilik merek sambal Wanstin yang dipuji Presiden Jokowi, Sri Agustin, memberikan saran untuk membangun bisnis.

Ternyata, Jokowi memuji merek Wanstin yang berhasil memadukan nama Wawan, suami, dan dirinya menjadi sebuah merek sambal lada sederhana yang berkesan dan kemasannya bagus.

BACA JUGA: Kisah AO PNM dari Thana Mataram, Susahnya Jadi Keluarga Kartin

Sri Agustin pun membeberkan rahasia di balik berkembangnya bisnis sambal yang dijalaninya sejak 2014.

Ia mengatakan, mengelola bisnis sambal memerlukan kreativitas dan inovasi karena merupakan produk makanan yang biaya dasarnya berubah seiring permintaan pelanggan dan musim. Saat musim panen lada tiba, harga pokoknya mungkin lebih murah, namun bisa saja harganya naik saat puasa dan hari raya sebelumnya.

BACA JUGA: PNM promosikan ratusan pegawai dan pelanggan di GOR bersama BUMN 2024

Sri Agustin sangat memahami bisnis sambal dan memahami bahwa setiap bisnis mempunyai anak tersendiri.

Kesuksesan bisnisnya datang pada tahun 2019 ketika ia hampir menyerah pada bisnis sambalnya karena kehabisan modal. Saat itulah Anda menjadi pelanggan Mekaar yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Menurut Sri Agustin, tips membangun bisnis yang pertama adalah mencintai bisnis yang dijalankan.

“Dengan mencintai bisnis yang kita jalankan, kita akan lebih mengetahui kelebihan dan kelemahan bisnis yang kita jalani. “Kami akan memahami kota tempat usaha kami,” kata Sri.

Kedua, kenali pelanggan Anda.

Dengan cara ini, produk dapat lebih dekat dengan pembeli, dan jika terjadi perubahan harga bahan baku, pihaknya berupaya keras memberikan informasi kepada pelanggan tentang perubahan harga jual produk lada.

Ketiga, pengelolaan keuangan.

Sri Agustina menilai sangat penting mengelola uang dengan memisahkannya untuk keperluan bisnis dan keluarga.

Jadi jika pedagang tersebut adalah pelanggan Mekaar, maka ia harus datang ke acara kelompok tersebut setiap minggunya.

Shri Agustin menilai pertemuan tim mingguan (PKM) menghasilkan ide-ide baru untuk menyempurnakan produk dan memperluas produk.

“Kehadiran bisnis kami sangat didukung oleh lingkungan binaan. Ibu-ibu yang tergabung di Mekaar memang bisa mendongkrak penjualan sambal saya. Mereka membeli sambal saya dan bahkan banyak pula yang membantu menjual sambal tersebut sebagai pedagang keliling. “Mereka meningkatkan pendapatannya,” kata Sri.

Sree mengatakan, bergabung menjadi nasabah PNM Mekaar memiliki banyak manfaat. Anda menerima panduan tentang produk dan pengembangan produk termasuk memperoleh modal kerja.

“Saya akui setelah menjadi pelanggan Mekaar, bisnis saya meningkat,” Sree (mcr10/jpnn) Jangan lewatkan video barunya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *