Terobosan Transisi Energi, Vietnam Kembangkan Hidrogen Ramah Lingkungan

saranginews.com, HANOI – Vietnam sedang mengembangkan produksi hidrogen ramah lingkungan menggunakan turbin angin lepas pantai sebagai terobosan dalam transisi energi dan mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050.

Dalam hal ini, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam sedang mengembangkan strategi produksi hidrogen dan melaksanakan proyek pembangkit listrik tenaga gas dan energi angin lepas pantai sesuai dengan Resolusi Politbiro No. 1 55-NQ/TW Mengenai Orientasi Strategis Energi Nasional Vietnam. Pembangunan hingga tahun 2030 dengan Visi hingga tahun 2045.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Dosen, UBL Gandeng Kampus Vietnam

Pada hari Minggu, pemerintah Vietnam juga menyetujui Rencana Induk Energi Nasional periode 2021-2030 dengan tujuan tahun 2050, menurut VNA yang dikutip ANTARA.

Berdasarkan dua rancangan strategi ini, Vietnam akan mendorong pengembangan pembangkit listrik hidrogen dan bahan bakar turunan hidrogen di wilayah-wilayah yang potensial.

Baca juga: Vietnam adalah negara komunis yang berkomitmen kuat membangun masyarakat inklusif

Vietnam menargetkan produksi 100.000-500.000 ton hidrogen pada tahun 2030 dan 10-20 juta ton pada tahun 2050, meskipun Vietnam Petroleum Institute (VPI) memperkirakan bahwa biaya produksi hidrogen bersih, termasuk hidrogen biru dan hidrogen hijau, akan sangat tinggi hingga 2050. .

Oleh karena itu, diperlukan dukungan pemerintah melalui kebijakan untuk secara bertahap mengembangkan dan meningkatkan produksi hidrogen ekologis di Vietnam, dan juga untuk menjamin daya saing sumber hidrogen yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Nasib Tragis Vietnam di Ranking FIFA Terbaru

Dengan keunggulan jaringan produksi dan rantai pasokan dalam pengembangan hidrogen hijau, Grup Minyak dan Gas Vietnam (PVN) berpartisipasi dalam strategi dan perencanaan politik untuk menciptakan kerangka hukum yang diperlukan untuk pengembangan industri hidrogen hijau.

PVN berfokus pada penelitian dan penerapan, mengakses teknologi baru dalam produksi, transportasi, penyimpanan, dan penggunaan untuk menyiapkan hidrogen untuk produksi komersial.

Hingga saat ini, PVN, melalui kilang petrokimia dan pabrik bubuk nitrogennya, telah menjadi pengguna langsung sumber hidrogen ramah lingkungan untuk secara bertahap menggantikan sumber hidrogen abu-abu yang ada.

Selain itu, perusahaan lain, PetroVietnam Technical Services Corporation (PTSC), sedang melaksanakan proyek pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai untuk menciptakan landasan bagi pengembangan hidrogen ramah lingkungan. (semut/dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *