Tarakanita Pluit Gelar P5 Kewirausahaan

saranginews.com, JAKARTA – KB-TK, SD, SMP, SMA Tarakanita Pluit menggelar Proyek Peningkatan Profil Siswa Pancasila dalam rangka acara bisnis di Mall Pluit Village Jakarta pada Jumat (16/2).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan minat siswa, yang dapat disalurkan melalui kegiatan wirausaha yang bermanfaat bagi siswa.

BACA JUGA: Cara Unik Tarakanita 3 Merayakan Hari Sampah Nasional

Selain itu, kegiatan ini diadakan dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek yang setiap tahunnya diperingati di sekolah.

Selain itu juga sebagai praktik pemberian Pendidikan Karakter Cc5+ kepada Tarakanita.

BACA JUGA: Pengumuman Kelulusan SD Tarakanita 3, Kejutan Berakhir Bahagia

Kegiatan ini dihadiri seluruh siswa, guru, pegawai, orang tua siswa, FKKSKM dan berbagai pemangku kepentingan sekolah, termasuk pimpinan Yayasan Tarakanita dan pihak kantor sekolah.

R5 Kewirausahaan tersebut meliputi kegiatan bazaar, penampilan mahasiswa, pameran karya dan pertunjukan barongsai.

BACA JUGA: Menteri Nadiem Sebut Program Sekolah Jurnalistik Indonesia Sejalan dengan Kebebasan Belajar

Siswa sekolah menengah dan universitas berpartisipasi dalam bazar tersebut. Berbagai jajanan dijual di bazar tersebut.

Mahasiswa KB-TK dan ZŠ mengikuti kegiatan pameran buruh.

Berbagai jenis karya seperti lukisan, gambar, dan lain sebagainya dibuat.

Sedangkan penampilan pelajar meliputi tari, paduan suara, vokalis, taekwondo, tari, dan wushu.

Selain itu, kemeriahan perayaan R5 enterprise juga dimeriahkan dengan penampilan barongsai yang melintasi halaman sekolah dan pusat perbelanjaan.

Sekretaris Eksekutif Yayasan Tarakanita, Sr. Brigitta CB menyampaikan, kegiatan ini memberikan suasana dan ruang belajar bagi siswa untuk menginternalisasikan visi dan misi sekolah.

“Jadilah generasi cerdas yang berintegritas dan menjadi teladan bagi sekolah lain,” kata Brigitta kepada wartawan, Minggu (18 Februari).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Erna Wijayanti mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk konteks penerapan kurikulum mandiri di Sekolah Pluit Blok Tarakanita.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu contoh penyelenggaraan kegiatan Q5 dengan tema bisnis yang terintegrasi dengan kegiatan perayaan Imlek.

“Kegiatan ini sejalan dengan proposisi nilai sekolah Tarakanita Pluit: ‘Bisnis melalui proyek’.” Inti dari kegiatan ini adalah menciptakan suasana pendidikan yang autentik dan menarik bagi siswa. “Mendapatkan pengalaman dan rasa ingin tahu untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap siswa,” tegas Erna (dil/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *