Rasio Kredit Berisiko LB Bank Turun di Bawah 35 Persen, Ini Penyebabnya

saranginews.com, Jakarta – Upaya Bank KB (BBKP) dalam memperbaiki fundamental dan kualitas aset berhasil membuahkan hasil kinerja yang positif.

Vice President KB Bank Robbie Mondon mengatakan rasio loan at risk (LAR) Bank KB terus membaik hingga akhir kuartal I 2024 yakni 31 Maret 2024.

Artikel terkait: Tawarkan THR Jutaan Rp, Bank KB Punya Persaingan Menarik

Rasio LAR pada triwulan I tahun 2024 tercatat di bawah 35%, terus menurun dibandingkan sekitar 40% pada akhir tahun 2023 dan sekitar 50% pada akhir tahun 2022.

Pada tahun 2021, saat dimulainya masa transformasi KB Bank, atau satu tahun setelah KB Kookmin Bank menjadi pemegang saham, rasio LAR Bank KB mencapai 65%.

Artikel terkait: Aeon CSI dan JCB Precious meluncurkan kartu kredit untuk keluarga

“Salah satu penyebab membaiknya rasio LAR Bank KB adalah pengalihan aset berkualitas rendah senilai Rp2,87 triliun melalui program Efek Beragun Aset (ABS) yang merupakan kelanjutan dari program peningkatan kualitas aset yang dilaksanakan Bank KB. KB. . “Dari masa transisi tahun 2021,” jelas Robbie dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (23 April).

Ia mengatakan, kinerja Bank KB yang baik membuat perseroan optimis dapat menyalurkan kredit yang berkualitas.

“Tahun ini kami bertujuan untuk memajukan sektor UMKM dan ritel dengan menjadikan sektor grosir sebagai tulang punggung ekosistem usaha,” kata Roby.

Sesuai rencana bisnis bank, Bank KB menargetkan menyelesaikan rencana peningkatan kualitas asetnya pada tahun 2024.

Selain itu, tahun ini juga menjadi tahun implementasi transformasi digital KB Bank, menjalankan sistem perbankan paling modern yang diadopsi dari induk perusahaan KB Bank. KB Kookmin Bank dan KB Financial Group, yaitu Next Generation Banking System (NGBS).

Tn. Roby menjelaskan berbagai inisiatif perbaikan operasional yang dilakukan Bank KB yang diharapkan dapat membawa pertumbuhan positif bagi Bank KB dalam lingkungan perekonomian yang kuat.

Situasi geopolitik di Timur Tengah yang terus meningkat dan laju inflasi Amerika yang belum juga mereda membuat kinerja sektor perbankan sangat sulit.

“Bank KB menargetkan perolehan laba operasi awal atau laba sebelum kondisi (PPOP) positif pada tahun 2024 dan laba bersih pada tahun 2025,” ujarnya.

Awalnya, ini adalah lembaga pemeringkat independen. Fitch Ratings mempertahankan peringkat internal KB Bank di ‘AAA’ dengan prospek stabil. Peringkat tertinggi yang diberikan Fitch Ratings merupakan pengakuan atas berbagai inisiatif KB Bank yang bertujuan mendorong pertumbuhan.

“Kinerja Bank KB terus membaik dan kami yakin dapat mencapai pertumbuhan berkelanjutan,” tutup Roby (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *