Pascagempa di Garut, Jasa Marga Pastikan Tol Cipularang dan Padaleunyi Aman

saranginews.com, GARUT – Tol Metropolitan Jasa Marga mengklaim kondisi ruas Tol Sipularang dan Padaleun dalam kondisi baik pascagempa berkekuatan 6,5 SR melanda wilayah Garut, Jawa Barat, Sabtu malam (27/4).

Kepala Departemen Pemasaran dan Komunikasi mengatakan, “Sejauh ini kondisi jalan tol khususnya tol Chipularang dan jalan raya Padaleun serta kawasan lainnya baik, belum ada informasi mengenai dampak gempa tadi malam.” Metropolitan Jasamarga dari Panji Satria di Jakarta, Minggu.

Baca Juga: Gempa di Garut, BPBD masih memantau seluruh wilayah

Fanji menambahkan, kondisi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TMP) atau rest area di jalan tol juga dalam kondisi baik pascagempa berkekuatan 6,5 SR.

Gempa tektonik berkekuatan 6,5 SR terjadi pada Sabtu malam (27/4) pukul 23.29 WIB di laut 156 kilometer barat daya Kabupaten Garut pada kedalaman 70 kilometer.

Baca Juga: BMKG Sebut Gempa Garut Kecil Kemungkinan Picu Tsunami

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa berkekuatan 6,5 SR di wilayah Garut, Jawa Barat, tidak berpotensi tsunami.

Gempa dirasakan di Kabupaten Tasikmalaya, Garut, dan Kota Bandung.

Baca Juga: WNI di Taiwan Diminta Laporkan Gempa Bumi

Gempa juga dirasakan di Sukabum dan Bupati, Jawa Barat.

Berdasarkan kedalaman episenter dan hiposenter, gempa bumi akibat aktivitas deformasi batuan di Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia Selatan Jawa Barat merupakan jenis gempa sedang.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Dariono mengatakan hingga pukul 23.55 WIB belum ada gempa susulan.

Meski demikian, ia tetap mengimbau masyarakat menghindari bangunan yang mudah rusak atau retak saat terjadi gempa. (Antara/jpnn)

Baca di tempat lain… Hati-hati, jumlah gempa di Gunung Ile semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *