Jadwal Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK Diumumkan Setelah Ombudsman Minta Penundaan

saranginews.com – JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memberikan update terkait tahun 2024. Rencana pendaftaran CPNS dan PPPK yang menanti lulusan jujur ​​dan terkini.

Menteri Anas mengatakan, jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 seluruh Indonesia ditetapkan pada Juni tahun depan.

BACA JUGA: Menteri Anas Umumkan Rencana Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2024, Penting!

“Kami bertujuan untuk memulai pendaftaran CASN pada tahun 2024. pada bulan Juni,” kata Menteri Anas seperti dikutip dalam keterangan resmi Humas KemenPAN-RB, Jumat (5/3).

Sehari sebelumnya, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih mengusulkan seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024. ditunda hingga pemilihan kepala daerah serentak pada 27 November.

BACA JUGA: Jumlah ASN di IKN Lebih Banyak PPPK Dibanding PNS, Ini Datanya Jauh Jauh

“Kalau boleh saya usulkan, sebaiknya seleksi CASN tahun ini ditunda sampai setelah pilkada agar tidak menjadi komoditas politik,” kata Najih di kantor Ombudsman RI di Jakarta, Kamis (2 Mei).

Najih berharap jajaran Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan pihak terkait bisa membahas usulan Ombudsman RI tersebut.

BACA JUGA: Pemkot yang Tak Usul Buat PPPK 2024 untuk Guru Harus Disanksi, Dear Cons?

“Kami berharap usulan ini dibahas. Bagaimana ke depan bisa menunda seleksi CASN agar tidak dijadikan komoditas oleh aktor politik,” ujarnya.

Ombudsman RI khawatir upaya seleksi CPNS dan PPPK menjadi bagian dari janji politik saat Pilkada Serentak 2024.

Misalnya saja janji saya nanti akan membuat CASN dari mereka yang mendukung saya. Sangat mungkin untuk menjadikan ASN dalam kampanye, jelas Menteri Anas, Seleksi CASN 2024 tidak bisa ditunda.

Menanggapi Ombudsman RI, Menteri Azwar Anas mengatakan seleksi CASN tahun 2024 tidak dapat ditunda sebagaimana direncanakan pada tahun 2023 UU No. 20 tentang ASN.

“Dari sisi regulasi, tidak mungkin ditunda,” kata Anas, Jumat, saat konferensi pers di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Jakarta tentang progres pengadaan ASN 2024.

Mengatasi kekhawatiran pada tahun 2024 Seleksi CASN akan dijadikan komoditas politik pada tahun 2024. Saat pilkada, Anas mengatakan proses politik tidak akan mempengaruhi seleksi CASN.

Selain itu, kata dia, proses seleksi CASN sangat mengedepankan nilai-nilai transparansi dan akuntabilitas.

Sebab, menurutnya, proses seleksinya ketat karena akan dilakukan dua mesin pemindai wajah untuk setiap kontestan yang mengikuti seleksi.

Nilai peserta tes segera ditampilkan di sistem agar dapat dilihat semua orang.

Ia pun menjamin tidak akan ada yang percaya peserta seleksi CPNS dan PPPK 2024. Soal-soal itu hanya diciptakan oleh anak Kepala BKN, dia dua kali mengikuti tes, banyak sekali soalnya. anak pejabat yang juga melontarkan pertanyaan tidak diterima,” ujarnya. Sementara Kementerian PANRB telah mengidentifikasi 1,28 juta orang untuk rekrutmen CASN 2024.

Rinciannya, 75 kementerian dan lembaga mendapat 427.850 komposisi, dan 524 pemerintah daerah mendapat 862.174 komposisi.

1,28 juta formasi harus memenuhi 2,3 juta secara bertahap. kebutuhan ASN nasional masyarakat.

Soal kepastian tanggal pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024, Anas mengatakan belum bisa ditentukan.

Namun untuk memastikan jadwal pemberian informasi, pendaftaran, dan seleksi instansi, tetap dinamis untuk memantau perkembangan saat ini, karena juga berkaitan dengan kecepatan dan ketepatan pengisian K/L dan VŪC. “Sejak ada kasus, pemda mengisi rinciannya, setelah dicek ke BKN ternyata salah sehingga harus diperbaiki lagi,” kata Menteri Azwar Anas. (sam/antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *