XL Axiata Perkuat Jaringan di 3 Jalur Penyeberangan Laut, Internet Makin Cepat

saranginews.com, PALEMBANG – PT XL Axiata Tbk memperkuat jaringan di tiga rute yakni Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, dan Padang Bai – Selamat.

Hal itu mereka lakukan guna memudahkan masuknya hotel-hotel di seluruh kota yang dijangkau.

Baca juga: Dukungan XL Axiata untuk Operasional dan Lalu Lintas Saat Libur Idul Fitri

CEO dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menjelaskan, dengan dukungan tersebut, XL Axiata menambah kemampuan baru, peningkatan teknologi, dan platform baru.

“Dengan demikian, selama berada di dalam pesawat, pelanggan XL Axiata akan dapat menerima sinyal 4G yang kuat sehingga dapat digunakan untuk berbagai layanan akses data,” kata Gede dalam keterangannya yang diperoleh media saranginews.com, Senin (8/8/2021). ). 4/2024)

Baca Juga: XL Axiata dukung jaringan berkualitas jelang Pemilu 2024

Perusahaan penyedia diyakini siap memberikan layanan komunikasi dan data yang baik kepada penumpang.

“Tentunya dalam jangka panjang, kami dapat mendukung proyek pendistribusian akses Internet berkecepatan tinggi di daerah terpencil, terutama dukungan untuk pariwisata,” kata Gett.

Baca Juga: Trafik Data XL Axiata Meningkat 11 Persen Selama Masa Pemilu

Secara teknologi, dengan mengembangkan jaringan yang mampu menjangkau penyeberangan lautan ini, kata Gede, sinyal 4G bisa ditingkatkan secara signifikan.

Demi kenyamanan masyarakat dan pelanggan, alangkah baiknya jika menggunakan berbagai layanan data termasuk video streaming, akses game, aktivitas browsing, dan lainnya selama melakukan perjalanan di dalam pesawat.

“Saat di laut, akses internetnya bisa mencapai 95 Mbps. Sebelum ada listrik, pelanggan sulit mengakses internet saat kapal di laut karena jauh dari BTS dan – melayaninya.” kata Gede.

Selain peningkatan kecepatan Gede, perusahaan juga memberikan layanan untuk jumlah penumpang yang lebih banyak.

Sepanjang tahun, jutaan pelancong melewati tiga rute tersibuk tersebut.

Merak-Bakauheni berjarak sekitar 16 kilometer dan waktu tempuh sekitar 2 jam untuk menghubungkan Jawa dan Sumatera, serta Ketabang-Kilimanuk berjarak sekitar 3 kilometer laut dan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk menghubungkan Jawa dan Bali.

Sedangkan jalur Padang Pai-Lembar sepanjang 38 kilometer laut dengan waktu tempuh sekitar 4,5 jam menghubungkan Bali dan Lombok.

Penekanan pada akses internet dan penyeberangan laut mendukung kesiapan jaringan XL Axiata dalam mengantisipasi libur panjang Idul Fitri yang dimulai akhir pekan ini, jelas Gede.

Menurut Gede, penguatan jaringan seluler perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan peningkatan trafik data saat libur panjang Idul Fitri.

Untuk itu XL Axiata melakukan uji jaringan pada jalur utama pulang pergi di berbagai wilayah, termasuk wilayah Sumatera, jelas Gede.

Manajemen XL Axiata memperkirakan pada libur lebaran, trafik layanan XL Axiata akan meningkat 10 hingga 20 persen dibandingkan hari normal.

Selain peningkatan kapasitas, langkah menjanjikan lainnya adalah optimalisasi jaringan dengan melihat pergerakan masyarakat atau calon pelanggan selama libur lebaran.

Oleh karena itu, banyak daerah yang sering mudik dan menjadi tempat pemudik akan mendapat perhatian khusus, jelas Gedt.

XL Axiata telah menyiapkan sumber daya yang lengkap, berupa tim profesional dan memantau kondisi jaringan 24 jam sehari, 7 hari seminggu, serta tim lapangan yang siap berangkat kapan saja jika diperlukan.

“Selain itu, kami mengerahkan dan mengerahkan armada mobile BTS sekitar 94 unit untuk mendukung jaringan di berbagai tempat agar trafik dapat disalurkan,” jelas Gede.

“Dari kantor pusat XL Axiata, kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi dipantau oleh Customer Service and Operations Center (CESOC),” tutup Gett. (mcr35/jpnn) Jangan lewatkan video pilihan editor ini:

Baca cerita lainnya… Musim Natal, XL Axiata siapkan sistem antisipasi potensi kemacetan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *