KPU DKI Buka Pendaftaran PPS untuk Pilgub, Butuh 801 Orang

saranginews.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum/KPU se-provinsi DKI Jakarta mulai membuka pendaftaran Pejabat Komisi Pemilihan Umum (PPS) Pilkada DKI Jakarta 2024.

Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan, pendaftaran PPS Pilkada DKI Jakarta selesai dalam waktu 7 hari terhitung tanggal 2 hingga 8 Mei 2024.

BACA SELANJUTNYA: Permohonan Bantuan Hukum Kelompok PDIP untuk PTUN: Benarkah KPU Melanggar Hukum?

“Dibuka di kantor KPU kabupaten dan kota,” kata Astri dalam pidatonya, Jumat (3/5).

KPU DKI Jakarta membutuhkan 801 petugas PPS yang disebar di 267 kabupaten se-DKI Jakarta.

BACA LEBIH BANYAK: Bocah Dibunuh dan Disodomi di Sukabumi, Tak Diduga Pelakunya

“Saya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan menjadi anggota PPS. Opsi ini terbuka bagi seluruh warga DKI Jakarta yang memenuhi syarat,” ujarnya.

Persyaratan untuk menjadi petugas PPS adalah warga negara Indonesia, berusia minimal 17 tahun, dan memiliki ijazah SMA atau sederajat.

BACA JUGA: Kronologi Gadis 13 Tahun Diserang 8 Pria, Ini Soal Kejahatan

Kemudian menyerahkan surat keterangan sehat dari rumah sakit, surat keterangan akhlak baik dari kepolisian, dan surat keterangan tidak memiliki catatan kriminal.

Selain itu mempunyai integritas, akhlak yang kokoh, jujur ​​dan berintegritas, bukan anggota partai politik yang dinyatakan dalam surat yang sah atau tidak menjadi anggota partai politik minimal 5 tahun yang dibuktikan dengan surat dari administrasi politik.

Juga tidak ada keterlibatan dalam penyalahgunaan narkoba.

“Warga DKI Jakarta yang memenuhi syarat dapat mendaftar menjadi anggota PPS melalui proses online berdasarkan website aplikasi, yaitu informasi anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA),” jelasnya.

Segala informasi yang dibutuhkan calon peserta harus disampaikan ke SIAKBA, dan konfirmasi administratif akan dilakukan pada tanggal 3 hingga 12 Mei 2024.

Selain itu, calon yang lolos seleksi utama akan mengikuti seleksi tertulis pada 15-18 Mei 2024. menggunakan tes berbantuan komputer (CAT), dan hasilnya akan dipublikasikan pada 19-20 Mei 2024.

Selain itu, wawancara seleksi calon anggota PPS akan dilaksanakan pada 21-23 Mei 2024, dan hasilnya akan diumumkan pada 24-25 Mei 2024.

Sedangkan calon anggota PPK akan dipilih melalui seleksi pada 25 Mei 2024 dan dibuka pada 26 Mei 2024 (mcr4/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *