Israel Pastikan Tidak Akan Ada Gencatan Senjata di Gaza

Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan pada hari Senin bahwa meskipun ada resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza.

“Israel tidak akan mempertahankan gencatan senjata. Hamas akan dihancurkan dan pertempuran akan terus berlanjut sampai para sandera kembali ke rumah,” Katz mengumumkan di akun jejaring sosial X miliknya.

Baca juga: Analis UGM Sebut Boikot Produk Israel Dorong Angka Pengangguran Mahasiswa

Dewan Keamanan PBB pada Senin ini menyetujui seruan gencatan senjata di Gaza selama bulan Ramadhan, yang dimulai pada 11 Maret dan akan berakhir pada 9 April.

Dari 10 anggota Dewan Keamanan terpilih, 14 negara memberikan suara mendukung dan Amerika Serikat memilih abstain.

Baca juga: Penolakan Menjual Senjata ke Israel; Kanada mendukung pembentukan negara Palestina

Utusan khusus Israel untuk PBB, Gilad Erdan, mengatakan resolusi PBB untuk membebaskan sandera Israel dari Gaza telah melemah.

Resolusi tersebut “menyerukan gencatan senjata segera selama bulan Ramadhan yang dihormati oleh semua orang dan mengarah pada gencatan senjata yang berkelanjutan.”

Baca juga: Boikot Produk Israel Kurangi Pendapatan Hingga 70 Persen; Ribuan pekerja di-PHK

Resolusi tersebut juga menyerukan “pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera dan akses kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan medis dan kebutuhan kemanusiaan lainnya.”

Israel telah menimbulkan kekacauan di Jalur Gaza sejak serangan militer Hamas yang mematikan dan menewaskan sekitar 1.200 warga Israel.

Sejak itu, 32.333 warga Palestina tewas dan lebih dari 74.694 orang terluka akibat kekurangan bahan pokok.

Perang Israel kini memasuki hari ke-171 dan telah menewaskan 85 persen penduduk Gaza. Mereka mengungsi di tengah kekurangan air bersih dan obat-obatan, dan 60 persen infrastruktur Otoritas Palestina telah hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di hadapan Mahkamah Internasional (ICJ). Pada bulan Januari, keputusan sementara ICJ memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa bantuan kemanusiaan dapat dikirimkan ke warga sipil di Gaza. (semut/dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *