Infasi AS Mereda, Pasar Kripto Siap Menanjak

saranginews.com, Jakarta – Harga Bitcoin terus menunjukkan tanda-tanda konsolidasi pada perdagangan protokol Litedex pagi ini.

Pasar kripto telah menunjukkan kinerja cemerlang akhir-akhir ini seiring dengan berkurangnya tekanan pada pasar keuangan global.

Baca juga: Coinvestasi Peringkat Tokoh Paling Berpengaruh di Industri Kripto Indonesia, Ini Daftarnya

Mata uang digital ini naik 0,71 persen menjadi $20,844.70 per koin, dengan volume perdagangan $23,71 miliar dan kapitalisasi pasar $401,57 miliar.

Berjangka Ibrahim Asuaibi, Direktur PT Laba Forexindo mengatakan, lesunya inflasi di Amerika Serikat berdampak positif pada pasar kripto.

Baca Juga: Begini Naik Turunnya Kripto di Tahun 2022

“Meski data inflasi mulai menurun, investor harus mencermati kebijakan suku bunga ke depan dan indikator ekonomi lainnya,” kata Ibrahim, Selasa (17/1).

Namun secara teknis, tren penurunan di pasar masih berisiko. Namun dibandingkan minggu lalu, kondisinya sudah membaik.

Baca Juga: Potensi Bitcoin dan Kripto di Tahun 2023

Menurut Ibrahim, sejumlah sentimen positif menjadi pendorong pergerakan pasar kripto, mulai dari dibukanya perbatasan Tiongkok hingga ekspektasi pelonggaran kebijakan moneter dari Federal Reserve (Fed).

“Tidak ada yang bisa menjamin tahun 2023 akan lebih baik untuk aset berisiko, namun masih lebih normal dibandingkan tahun 2022,” ujarnya.

Pada Minggu pagi, kenaikan harga seluruh aset kripto mendorong total kapitalisasi aset kripto menjadi $1 triliun.

Dulu, mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini bisa naik tajam dibandingkan akhir tahun sebelumnya.

Hingga pukul 12:36 WIB, Bitcoin turun 0,41 persen hari ini, menurut Coin Market Cap. Namun sepanjang sepekan, Bitcoin menguat 22,49 persen menjadi USD 20.761,07 per koin atau Rp 314,32 juta per koin.

Perkiraan nilai tukar tersebut adalah posisi rupiah pada penutupan perdagangan Jumat lalu, dimana 1 USD sama dengan Rp 15.140.

Ibrahim memperkirakan bahwa Bitcoin kemungkinan akan dibuka antara $20,440.20 per koin dan $21,132.30 per koin (mcr28/jpnn) pada perdagangan besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *