4 Jenis Makanan Pahit yang Wajib Dikonsumsi Penderita Diabetes

saranginews.com, JAKARTA – Gula darah yang naik tak terkendali bisa jadi awal mula penyakit diabetes.

Sungguh mengkhawatirkan bagaimana diabetes hampir menjadi epidemi dalam dekade terakhir.

BACA JUGA: 5 Makanan Bergizi Ini Memang Mimpi Buruk Bagi Penderita Diabetes

Angka-angka tersebut adalah bukti dari fakta ini. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), prevalensi global diabetes pada orang dewasa di atas usia 18 tahun meningkat dari 4,7 persen pada tahun 1980 menjadi 8,5 persen pada tahun 2014.

Tidak berhenti sampai disitu saja, karena WHO juga telah mengindikasikan bahwa diabetes bisa menjadi penyebab kematian ketujuh pada tahun 2030.

BACA JUGA: 4 Makanan Pahit Ini Ternyata Ampuh Turunkan Gula Darah Tinggi, Yuk Coba

Masalah diabetes adalah penyakit ini memengaruhi setiap organ di tubuh Anda, baik itu ginjal, jantung, atau pankreas.

Meskipun ada obat untuk mengontrol kadar gula darah Anda, penting untuk memahami pentingnya pola makan bergizi yang mencakup makanan dengan indeks glikemik rendah.

BACA JUGA: 6 Manfaat Air Kelapa untuk Penderita Diabetes

Menurut definisi, indeks glikemik adalah tingkat karbohidrat dalam makanan, berdasarkan pengaruhnya terhadap kadar glukosa darah.

Karbohidrat dengan nilai GI rendah, yaitu 55 atau kurang, dicerna, diserap, dan dicerna secara perlahan serta tidak menyebabkan peningkatan glukosa darah.

Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita pelajari beberapa makanan yang rasanya pahit namun sangat bermanfaat bagi mereka yang menyukai makanan manis.

Berikut penjelasannya menurut situs Healthshots.com.1. Pasangan

Seperti namanya, sayur ini rasanya sangat pahit sehingga tidak disukai banyak orang.

Bagaimanapun, penderita diabetes harus makan pare atau karela karena membantu mencukupi penggunaan gula, sehingga tidak berubah menjadi lemak.

Pasalnya, pare mengandung polipeptida-p atau p-insulin yang terbukti mampu mengendalikan diabetes secara alami2. Lainnya

Sayuran berdaun telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir.

Ikan kaya serat dan juga membantu menurunkan berat badan. Kangkung sangat cocok untuk Anda karena akan membuat Anda kenyang dalam waktu lama.

Sebagian besar? Butuh waktu untuk mencerna makanan pahit ini, yang berarti kadar gula darah Anda tidak akan naik 3. Bayam

Bayam mengandung banyak serat, yang membantu mengontrol kadar gula darah Anda.

Selain itu bayam memiliki indeks glikemik yang rendah, serta kaya akan nutrisi seperti vitamin A dan lutein, vitamin C, E dan K, magnesium, mangan, folat, zat besi dan tembaga, dan masih banyak lagi lainnya. biji wijen

Sekali lagi, biji-bijian ini rasanya enak, tetapi akan menambah rasa manis dalam jumlah yang tepat untuk kesehatan Anda.

Pasalnya, wijen diketahui dapat mengontrol kadar gula darah dan juga baik untuk kesehatan usus.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Journal of Clinical Nutrition tahun 2011, penderita diabetes tipe 2 yang mendapat minyak wijen mengalami penurunan kadar gula darah lebih besar dibandingkan yang tidak menggunakannya (fny/jpnn).

BACA ARTIKEL LAIN… 5 makanan pahit ini baik untuk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *