XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan saat Libur Lebaran

saranginews.com, JAKARTA – XL Axiata menyiapkan jaringan seluler dan data yang andal untuk melayani pelanggan saat libur panjang dan menjaga kenyamanan pelanggan.

Penjualan layanan XL Axiata diperkirakan meningkat 10-20 persen dibandingkan hari normal.

BACA JUGA: Masih Berubah, Telkom Catat Praktik yang Baik

Untuk itu, XL Axiata melakukan uji jaringan di jalan raya domestik dan akhir pekan di beberapa lokasi, termasuk di sepanjang Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

“Idul Fitri selalu menjadi tantangan bagi kami sebagai operator telekomunikasi dan penyedia data karena trafik meningkat,” kata CEO dan Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Salurkan Amal Selama Ramadhan, PT Hotel Indonesia Natour Santunkan Anak Yatim Piatu

Selain kemacetan, permasalahan lainnya adalah berpindahnya lahan parkir yang luas ke berbagai wilayah yang tersebar, terutama di kota-kota dan kawasan wisata di Jawa.

“Selain perlunya peningkatan kapasitas, diperlukan strategi rekayasa lalu lintas yang tepat pada jaringan untuk menghindari kemacetan di kawasan dengan lalu lintas tinggi,” kata Gede.

BACA JUGA: InJourney Group punya pengaturan berbeda untuk kepulangan dan liburan

Gede mengatakan, lalu lintas meningkat setiap hari libur, karena masyarakat India semakin terlibat dalam aktivitas digital, termasuk bersosialisasi atau merayakan hari raya, termasuk akses ke berbagai media dan hiburan.

Gede mengatakan, trafik XL Axiata selama bulan Ramadhan mengalami peningkatan rata-rata 5 persen dibandingkan trafik pada hari normal.

“Kami antisipasi trafik akan terus meningkat, mencapai 10 hingga 15 persen saat memasuki musim liburan,” kata Gede.

Selain peningkatan kapasitas, tindakan lain yang diharapkan adalah optimalisasi jaringan dengan melihat pergerakan trafik masyarakat atau pelanggan pada musim liburan. Untuk itu, perhatian akan diberikan pada banyak kawasan yang sebagian besar merupakan pemukiman dan wisata, khususnya di Pulau Jawa.

“Saat ini, di hari biasa, jaringan data XL Axiata sudah mencukupi untuk melayani trafik yang ada. Namun untuk memastikan kapasitas jaringan XL Axiata dapat melayani peningkatan jumlah kendaraan di masa mendatang, kapasitas akan terus ditingkatkan menjadi 2 -3 hari,” kata Gede.

Tim jaringan XL Axiata telah mengambil banyak langkah untuk situasi jaringan dengan beradaptasi dengan kondisi penggunaan berbagai jenis layanan.

Khususnya layanan data, proses pengembalian, dan pergerakan pelanggan saat libur panjang lebaran. Ketersediaan infrastruktur pembayaran baru di banyak daerah yang bisa digunakan masyarakat selama liburan juga menjadi kekhawatiran XL Axiata, kata Gede.

XL Axiata juga telah menyiapkan sumber daya yang diperlukan, berupa tim teknis yang siaga dan memantau kondisi jaringan 24 jam 7 hari seminggu, serta tim lapangan yang siap bergerak jika diperlukan.

Selain itu, armada BTS sebanyak kurang lebih 94 unit juga telah dikerahkan untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang menghadapi trafik.

Selain kesiapan jaringan dan tim teknis untuk menunjang ketersediaan pelanggan selama liburan.

XL Axiata juga telah melatih tim penyedia layanan pelanggan dan pengaduan (call center) untuk melayani pelanggan dengan baik dan sekitar 500 agen melalui layanan call center dan layanan digital.

“Layanan pelanggan ini tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pelanggan dapat menghubungi atau menyampaikan keluhan melalui layanan online XL Center, layanan telepon dan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet serta saluran digital seperti: Email , Facebook, Instagram, dan Live Chat,” kata Gede.

Pelanggan juga dapat mengunjungi XL Center, dimana terdapat sekitar 92 XL Center yang tersebar di banyak kota di Indonesia, kata Gede (mcr35/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *