Uni Eropa Menyerukan Gencatan Senjata Segera di Gaza

saranginews.com – ISTANBUL – Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, pada Minggu (17/3), memperingatkan bahwa Gaza sedang menghadapi kelaparan. Dia menyerukan diakhirinya “segera” perang di Wilayah Palestina.

“Gaza sedang menghadapi kelaparan dan kami tidak dapat menerima kondisi ini,” kata Ursula von der Leyen saat konferensi pers dengan Presiden Mesir Adel Fattah al-Sisi di Kairo.

BACA JUGA: Krisis Laut Merah, Uni Eropa Berlaku Larangan dan Hilangkan Lapangan Kerja

“Penting bagi kita untuk segera mencapai kesepakatan gencatan senjata yang dapat membebaskan para tahanan dan memungkinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan mencapai Gaza,” tambahnya.

Israel melancarkan serangan militer mematikan di Gaza menyusul serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 yang menewaskan 1.200 orang.

BACA JUGA: PKS menyayangkan AS menghalangi resolusi PBB soal gencatan senjata di Gaza

Lebih dari 31.600 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas dan hampir 73.700 lainnya terluka akibat kerusakan yang meluas dan krisis kebutuhan dasar.

Perang Israel telah memaksa 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah kekacauan yang mengakibatkan terputusnya makanan, air bersih dan obat-obatan, dan 60 persen infrastruktur rusak atau hancur, menurut data PBB.

BACA JUGA: DKM Ukhuwah Islamiah UI dan Aqua Satukan Doa untuk Palestina

Israel dituduh melakukan genosida dalam dakwaan di Mahkamah Internasional (ICJ).

Keputusan sementara ICJ pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan pembunuhan dan mengambil tindakan untuk memastikan bahwa bantuan kemanusiaan menjangkau masyarakat Gaza. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *