Pemprov Sumsel & Kedubes Kanada Berkolaborasi, Perkuat Penanganan Perubahan Iklim

saranginews.com, PALEMBANG – Penjabat Gubernur (Pj) Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni dikunjungi perwakilan Kedutaan Besar Kanada, Direktur Kerja Sama Pembangunan Kevin Tokar di Griya Agung, Palembang, Sumsel pada Jumat (5/3/ 2024).

Tujuan pertemuan tersebut adalah untuk membahas program kerja sama antara Pemerintah Kanada dan Provinsi Sumatera Selatan yang dilaksanakan melalui Sustainable Landscape for Climate Resilient Livelihoods Program in Indonesia Land4lives Program di Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Gubernur Agus Fatoni Jelaskan 6 Perda Provinsi Sumsel

Pemerintah Provinsi Sumsel menerima kunjungan ICraf untuk membahas perkembangan proyek di Provinsi Sumsel.

Dalam kemitraan ini, pemerintah Kanada melalui ICraf membantu memberikan dukungan kepada masyarakat Bumi Sriwijaya untuk memerangi perubahan iklim.

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni Sebut Perkembangan Ekonomi Sumsel Sangat Baik

Mereka juga mendapat pelatihan dan peralatan seperti penyediaan benih dan berbagai cara menghadapi perubahan iklim termasuk pembuatan kompos dan sebagainya.

“Hal ini sangat penting untuk mendukung program pemerintah dalam memerangi perubahan iklim, termasuk peningkatan kesehatan masyarakat dan memberikan efek pembangunan di desa-desa yang berada dalam wilayah layanan,” kata Fatoni.

BACA JUGA: Tim Kajian Kemendagri Puji Kinerja Wagub Sumsel Agus Fatoni

Diharapkan program ini dapat dilanjutkan dan diperluas ke desa-desa lainnya.

Dia mendorong kerja sama untuk berkembang, bekerja sama dengan perguruan tinggi di Sumsel.

“Atau dengan perusahaan bisa bekerjasama dengan organisasi yang ada di Sumsel. Sehingga hasil positif ini bisa diraih di desa lain,” kata Fatoni.

Pada acara yang sama, Direktur Kerja Sama Pembangunan Kedutaan Besar Kanada, Kevin Tokar, menyampaikan dukungan yang diberikan pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC) terhadap program Sustainable Landscapes for Climate-Resilient Livelihoods in Indonesia (Land4Lives) yang merupakan proyek di Sumatera Selatan.

Menurutnya, rencana tersebut luar biasa, terutama dalam membangun keterampilan petani dan masyarakat untuk mendukung pertanian dan mata pencaharian, ketahanan pangan, dan kemampuan mereka melawan perubahan iklim.

Ia mengaku sangat bangga dengan pekerjaan yang dilakukan Land4Lives karena keterampilan dan pengetahuan yang telah dilatih oleh anggota komunitas kemudian dipelajari dan dikembangkan sendiri.

Selain itu, mereka juga dapat berbagi dengan komunitas lain melalui kerjasama Land4Lives dan pemerintah, informasi ini dapat disebarkan ke komunitas lain sehingga manfaat dari program yang dilaksanakan dapat didengar oleh semua orang.

Poin terpenting dalam perjanjian tersebut adalah keterampilan, pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh petani akan dimiliki dan dimanfaatkan oleh petani itu sendiri.

Ia berharap bisa menyebarkan ilmunya kepada orang lain.

“Kami bekerja sama dengan Pemda Sumsel untuk mencari dan mendukung masyarakat dari kabupaten/kota lain agar semua bisa merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Sementara itu, pihaknya mengaku akan terus fokus menjelaskan dan mensosialisasikan program-program yang digunakan untuk mencapai tujuannya.

Karena ini memerlukan banyak pemikiran dan penerapan.

“Kami berusaha fokus pada program-program yang akan kami bagikan kepada pemerintah Sumsel dan para petani agar bisa memberikan perubahan dan perbaikan khususnya dari sisi pertanian dan perekonomian,” ujarnya.

Kevin pun berharap bisa bekerja sama dengan Pemprov Sumsel dalam jangka panjang.

Ia berharap, jika semua pihak memiliki komitmen yang sama, pasti akan membuahkan hasil yang positif, terutama dari sisi pertanian, perekonomian, dan pembangunan.

Oleh karena itu, kami berharap program kerja sama ini dapat menjaga lingkungan dan menumbuhkan perekonomian, ujarnya. (saranginews.com)

BACA SELENGKAPNYA… Pembukaan Lihat Sumsel Expo, Pj Gubernur Agus Fatoni Luncurkan Sumber Daya Alam Sumsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *