Gelombang Panas Landa Malaysia, Korban Berjatuhan

saranginews.com, KUALA LUMPUR – Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH) telah mengeluarkan peringatan kesehatan untuk memperkirakan cuaca panas dengan suhu maksimum 40 derajat Celcius untuk tujuh negara bagian dan satu wilayah federal.

Direktur Jenderal Kesehatan KKM DR Muhammad Radzi mengatakan dalam keterangan media di Kuala Lumpur, Sabtu, kementeriannya memantau Epidemic Week (ME) 1 2024 hingga ME 9 dan menemukan jumlah kumulatif penyakit akibat cuaca panas sebanyak 13. , empat di antaranya menderita heatstroke, sedangkan sembilan lainnya menderita heatstroke.

Baca Juga: Soal Gelombang Panas, Begini Kata BMKG, Simak!

Tujuh orang sakit di Perak, lima orang di Kedah, dan satu orang di Sabah karena cuaca panas. Dan seluruh kasus kesehatan tersebut, menurutnya, disebabkan oleh aktivitas fisik di luar gedung saat cuaca panas.

Saat ini terdapat satu kasus heat stroke yang perlu dirawat di ruang intensif care unit (ICU) dan satu kasus heat exhaustion yang dirawat di bangsal umum RS Sultanah Maliha, Langkawi, Kedah. Sementara itu, ada 11 orang lagi yang sembuh setelah mendapat perawatan.

Baca Juga: Gelombang Kerusuhan Kampus Bisa Mengikis Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jokowi

Oleh karena itu, KKM mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat cuaca panas khususnya saat bulan Ramadhan. Rencanakan aktivitas di luar ruangan dan hindari cuaca hangat puncak antara pukul 11:00 hingga 16:00.

KKM mengimbau masyarakat untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari, terutama yang berpuasa, untuk mengatur suhu tubuh. Dan kurangi konsumsi air manis, berkafein, dan berkarbonasi karena tidak baik untuk menghidrasi tubuh.

Baca Juga: Gelombang panas mengamuk, tukang reparasi kipas angin mati listrik

KKM juga menganjurkan masyarakat mendinginkan suhu tubuh dengan kipas angin, AC, atau sering mandi.

Paparan cuaca panas dalam waktu lama dan kurang minum air dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, terutama bagi kelompok berisiko tinggi seperti anak-anak, lansia, dan penderita penyakit kronis.

Ia mengatakan gejala penyakit panas adalah sakit kepala, kelelahan, kurang konsentrasi, pusing, otot lemah atau kram, dan mual. Kondisi yang semakin parah dapat menyebabkan dehidrasi, kebingungan, dan koma.

Departemen Meteorologi Malaysia (METMalaysia) mengeluarkan kondisi cuaca panas pada Jumat (29/2), dengan beberapa negara bagian dan teritori melaporkan kewaspadaan tingkat 1 selama tiga hari berturut-turut dengan suhu maksimum 35 hingga 37 derajat Celcius.

Negara-negara bagian ini termasuk negara bagian federal Perlis, Kedah, Penang, Perak, Selangor, Sarawak, Sabah dan Kuala Lumpur.

MET Malaysia juga telah mengeluarkan peringatan gelombang panas Tingkat 2 untuk wilayah Pokok Sena di Kedah, dengan suhu maksimum harian diperkirakan melebihi 37 hingga 40 derajat Celcius setidaknya selama tiga hari berturut-turut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *