Langkah Preventif Kurangi Sampah Kemasan Kosmetik, Erha Buat Terobosan Baru

saranginews.com, Jakarta – Merek kosmetik Erha membuat terobosan baru di industri kecantikan Indonesia.

Erha RHA Group meluncurkan Cosmetic Reverse Winding Machine untuk mengurangi sampah plastik, khususnya untuk kemasan kosmetik.

Baca Juga: Buka Cabang ke-110, ARHA Ultimate Perkenalkan Klinik Pertama di Indonesia dengan Teknologi AI

Pekerjaan ini merupakan bagian dari penerapan prinsip-prinsip bisnis berkelanjutan dalam kerangka ESG (Environmental, Social and Governance).

Seperti diketahui, penggunaan kosmetik di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga: Ternyata kemasan botol soda juga sangat boros

Oleh karena itu, limbah kemasan kosmetik akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Omar Saputra, Head of Corporate Affairs Arya Noble mengatakan, hal ini merupakan langkah preventif sebelum situasi dan permasalahan akibat penumpukan sampah plastik menjadi terlalu lama dan mengkhawatirkan.

Baca juga: Mendaki Gunung Kembang, Puncak Indah Tanpa Tanah

Omar mengatakan, program pengurangan sampah kemasan kosmetik telah diluncurkan pada tahun 2022.

Program ini berhasil mengumpulkan 623.521 kemasan kosmetik bekas dan mengelola 16 ton kemasan kosmetik bekas.

“Program inisiatif perubahan ini menjadikan Erha sebagai klinik kecantikan kulit pertama di Indonesia yang menerapkan program pengembalian kemasan plastik bekas secara berkala dan berkelanjutan.” kata Omar saat berkunjung ke kawasan Jakarta belum lama ini.

Melalui program pengelolaan produk kemasan bekas, Erha bermitra dengan Nara Creative memberikan beasiswa kepada 25 anak kurang mampu di Jakarta yang didukung oleh Nara Creative.

Melanjutkan program sebelumnya, pada tahun ini Erha berkolaborasi dengan Plasticpay meluncurkan inovasi reverse vending machine kosmetik pertama di Indonesia.

Tak hanya merek Erha, mesin penjual kosmetik reverse vending juga bisa menjadi mesin pengumpul sampah kosmetik merek lain.

Mesin ini praktis karena menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada pengembalian kemasan kosmetik bekas yang mengenali berbagai jenis kemasan yang dapat dikembalikan.

Jumlah kemasan kosmetik yang digunakan secara otomatis akan langsung dikonversi menjadi poin reward yang dapat digunakan kembali oleh konsumen di erhstore.co.id.

Mesin penjual otomatis terbalik kosmetik pertama dapat ditemukan di mal Kota Casablanca. (mcr31/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *