Ini Rahasia Meningkatkan Imun dengan Mudah

saranginews.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan orang dewasa untuk melakukan aktivitas fisik sedang setidaknya 150 menit per minggu atau 75 menit aktivitas fisik berat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun, sebuah studi baru yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Physiological Society di Long Beach, California, membawa harapan baru bagi orang-orang yang ingin membangun sistem kekebalan tubuh tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga.

BACA JUGA: 7 Makanan dan Minuman Ini Dapat Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti dilansir dari Medical Daily, ternyata olahraga ringan selama 15 menit dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan kadar sel pembunuh alami yang disebut sel natural killer (NK), yaitu sejenis sel darah putih yang berperan sebagai lini pertama pertahanan. sistem kekebalan tubuh.

Studi tersebut menjelaskan bahwa mereka dapat menargetkan dan membunuh sel-sel berbahaya, bahkan tanpa paparan patogen sebelumnya. Misalnya, mereka mencari dan menghancurkan sel yang terinfeksi, termasuk sel kanker di dalam tubuh.

BACA JUGA: Jelang mudik Lebaran, masyarakat dihimbau untuk memperbarui kekebalan tubuh terhadap Covid-19

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa olahraga ternyata dapat meningkatkan kadar sel pembunuh alami dalam aliran darah, sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.

“Mengaktifkan lebih banyak sel-sel ini dapat melindungi tubuh dari infeksi, mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit tertentu, dan membantu meningkatkan hasil penyakit dengan mengendalikan infeksi secara lebih efektif,” kata penulis utama studi Rebecca Hunt dalam rilis beritanya.

Menurut Rebecca, peneliti harus meneliti 10 relawan berusia 18 hingga 40 tahun yang bersepeda sedang selama 30 menit dengan sepeda stasioner. Sebelum memulai setiap sesi dan dengan interval 15 dan 30 menit selama sesi, sampel darah diambil dari para sukarelawan.

Hasil pemeriksaan darah mereka menunjukkan sel pembunuh meningkat setelah 15 menit berolahraga, namun tidak meningkat setelah 30 menit bersepeda.

“Potensi peningkatan sistem kekebalan tubuh ini mungkin sangat penting bagi pasien kanker, karena sel pembunuh alami diketahui dapat membunuh sel tumor.” “Berolahraga hanya beberapa menit sebelum melihat peningkatan ini dapat memberikan dorongan bagi orang-orang yang kesulitan menemukan waktu untuk berolahraga atau lebih memilih olahraga yang lebih singkat,” kata peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *