Dibantu The Jadugar, BAALE Hadirkan 3 Single Dalam Satu Video Klip

saranginews.com, Jakarta – Iqbaal Ramadhan (sebelumnya bernama BAALE) resmi kembali ke dunia musik.

Sebagai langkah awal, BAALE merilis tiga single secara bersamaan pada 19 April 2024.

Baca juga: Meiska Adinda Sampaikan Pesan Menarik Lewat Lagu Badut

Lagu-lagu yang dirilis, “Cinta Luka Perfect”, “Fortuna”, dan “Under the Lamp” seringkali bernuansa pop ala 90-an.

Tak sampai disitu saja, BAALE juga berkolaborasi dengan The Jadugar untuk membuat video musik ketiga lagu tersebut.

Baca Juga: Arash Buana Perkenalkan Lagu ‘Friends’ Jelang Perilisan Album Baru

“Konsep besarnya sendiri dikembangkan oleh The Jadugar, dan mereka sesuaikan dengan nuansa ketiga single BAALE yang merupakan musik pop tahun 90an. Jadi, awalnya saya bilang pada Paman Batman (Henry) bahwa BAALE ingin membuat video musik ini untuk tiga video mendatang. lagu “Kalau ditanya lagu mana yang paling penting, saya jawab tidak ada lagu favorit,” kata Iqbal Ramadan.

“Sejak saat itu, paman Jadugar langsung mengusulkan untuk menggabungkan ketiga klip film tersebut menjadi satu,” lanjutnya.

Baca Juga: Koleksi Vinyl God Bless Rilis di Indonesia Record Day 2024

Jadugar sendiri merupakan salah satu sutradara penyunting film terbaik di Indonesia pada era 1990-an dan 2000-an yang beranggotakan dua orang, Anggun Priambodo dan Henry “Batman” Foundation.

Beberapa produksi yang pernah diproduksi antara lain “The Deepest” karya Peter Pan (sekarang “Noah”), “He is the Legacy of a Million People in the World” karya Nayef, “Mocha’s My Only One” dan “Aku Cinta J.A.K.A.R.T.A.” Ayo Lennon.

Video musik terakhir yang diproduksi The Jadugar adalah “DECIDE”, kolaborasi tahun 2018 antara Matter Mos, Ariel Nayaka, Ramengvrl, dan Dipha Barus.

Setelah itu, Jadugar menjalankan urusannya masing-masing hingga akhirnya bersatu kembali pada tahun 2024 untuk mengarahkan rekaman BAALE.

“Awalnya Iqbal bilang mau ajak The Jadugar buat bikin video musik untuk tiga single mendatang. Kami lagi sibuk dan kurang aktif, jadi saya harus menghubungi Anggun untuk mengecek jadwalnya. Ternyata Angu sendiri yang merespons. positif terhadap ajakan Iqbal dan berusaha mencari waktu luang untuk membuat video klip ini,” jelas Henry.

Menariknya, karena Iqbal belum punya single, Angu menyarankan untuk membuatkan video musik untuk mereka bertiga bersama.

“Karena tidak ada yang mengutamakan BAALE, kami berpikir, kenapa tidak dibuatkan video musik untuk mereka bertiga? Masing-masing punya kepribadian berbeda tapi tetap bernuansa sama. Saat ide itu sampai ke BAALE dan tim, dengan senang hati kami langsung menyetujuinya. .

Keinginan untuk bekerja sama dengan Jadugar sebagai sutradara video klip muncul sejak BAALE berada di studio untuk menulis dan memproduksi album pertamanya.

Usai seharian syuting, Iqbal bersyukur tidak menemui kendala berarti dalam melakukan pengeditan film tersebut.

Lokasi syutingnya hanya di sekitar Jakarta, salah satunya toko kaset Andi Twins Music yang berlokasi di Blok M Square.

“Syutingnya sendiri tidak menemui kesulitan karena editing video merupakan kesempatan bagi BAALE untuk bersenang-senang. Alhamdulillah kami menyukai hasilnya dan yang terpenting bagi saya semua orang senang dengan prosesnya. Kami merasa terhormat bisa bagian dari produksi video klip ini,” jelasnya.

Mendekati tanggal rilis, sutradara The Jadugar berharap video musiknya mendapat respon positif.

Dia mengatakan klip film dari “Cinta Luka Perfect”, “Fortuna” dan “Under the Lights” akan berfungsi sebagai ensiklopedia visual dan sonik bagi mereka yang hidup melaluinya, mengingatkan mereka bahwa periode ini berusia dua puluh atau tiga puluh tahun.

BAALE pun berharap video ini mendapat respon positif dari para penggemar dan pendengar musik secara luas.

“Mudah-mudahan semua merasa bahwa video musik ini tidak hanya membawa kembali nuansa tahun 90-an, tapi terasa seperti dirilis pada era tersebut, karena warna, gambar, dan konsep yang dihadirkan Jadugar sama dengan yang terkandung dalam ketiga single BAALE. Nuansanya serasi,” pungkas Iqbal Ramadan.

Tiga video klip ketiga single BAALE tersebut akan tersedia di akun YouTube Iqbaal Ramadhan mulai 26 April 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *