4 Bidang FTUI Raih Peringkat 1 di Indonesia dalam Pemeringkatan QS World University

saranginews.com, JAKARTA – Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) terus menunjukkan prestasinya di kancah internasional.

Kali ini FTUI menduduki peringkat 320 dunia versi The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) pada pemeringkatan Subyek Teknik dan Teknologi 2024.

BACA JUGA: FTUI meluncurkan 2 program kelas internasional baru untuk menjawab tantangan perubahan global

Posisi ini berada di peringkat 335 dunia, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dekan FTUI, Profesor Heri Hermansyah, mengatakan berdasarkan pemeringkatan yang diberikan QS WUR 2024, FTUI menduduki peringkat ke-2 di Indonesia, ke-11 se-Asia Tenggara, dan ke-99 se-Asia dalam bidang teknik secara luas.

BACA JUGA: Mantan Ketua Bapda Bireuen Divonis 6 Tahun Penjara, Ini Kejahatannya

“Yang mengejutkan, empat bidang studi di FTUI telah diakui sebagai bidang studi teknik terbaik di Indonesia pada mata kuliah khusus QS WUR 2024,” kata Heri dalam keterangannya, Kamis (18/4).

Dua di antaranya, Teknik Kimia dan Arsitektur, tetap mempertahankan posisinya sebagai bidang studi terbaik selama dua tahun berturut-turut.

BACA: Sebagai Amicus Curiae dalam Sengketa Pilpres, Arief Poyuono Diseret ke Mahkamah Konstitusi

Sedangkan Teknik Mesin dan Elektro hanya menduduki peringkat pertama pada tahun ini, ujarnya.

Di antara program studi teknik terbaik di Indonesia, empat bidang studi FTUI antara lain Arsitektur dan Lingkungan Buatan menduduki peringkat 1 Indonesia, peringkat 10 Asia Tenggara, peringkat 64 Asia, dan peringkat 151-200 dunia.

Lalu, Teknik Kimia menduduki peringkat 1 Indonesia, peringkat 12 Asia Tenggara, peringkat 110 Asia, dan peringkat 251-300 dunia.

Berikutnya adalah Teknik Elektro dan Elektronika peringkat 1 Indonesia, peringkat 13 Asia Tenggara, peringkat 111 Asia, dan peringkat 251-300 dunia.

Terakhir, Teknik Mesin menduduki peringkat 1 Indonesia, peringkat 10 Asia Tenggara, peringkat 109 Asia, dan peringkat 301-350 dunia.

“Keberhasilan empat bidang FTUI meraih peringkat tertinggi di Indonesia merupakan bukti nyata komitmen FTUI dalam menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, QS World University Rankings by Subject 2024 menunjukkan 55 mata pelajaran individu dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, antara lain Seni dan Humaniora, Teknik dan Teknologi, Ilmu Hayati, serta Kedokteran dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Jumlah institusi yang terdaftar tahun ini sebanyak 1559 dengan penambahan 64 universitas baru. (mcr4/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *