1.119 WNI Berhasil Direpatriasi dari Kawasan Berbahaya Sepanjang 2023

saranginews.com, JAKARTA – Sebanyak 1.119 WNI berhasil dipulangkan dari wilayah terdampak krisis di berbagai belahan dunia sepanjang tahun 2023, kata Kementerian Luar Negeri RI.

“Pemulangan WNI telah berhasil dilakukan dari berbagai situasi darurat, antara lain zona konflik dan bencana alam, gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah, serta konflik di Sudan dan krisis kemanusiaan di Gaza, Palestina,” ujarnya. Retno di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Penerbangan Repatriasi WNI di Bandara Soeta Meningkat, Wah

Saat membuka agenda Anugerah Perlindungan Warga Negara Indonesia (HWPA) Hasan Wirajuda Tahun 2023 di Taman Ismail Marzuki, Retno mengakui situasi dunia sangat dinamis akibat bencana alam, konflik bersenjata dan dinamika lainnya, pihaknya perlu lebih proaktif dalam menyikapi hal tersebut. perlindungan. Warga negara Indonesia.

Oleh karena itu, tantangan untuk memastikan keselamatan WNI di seluruh dunia akan semakin rumit, kata Menlu.

Baca juga: Repatriasi WNI ke Suriah Capai 2.551 Orang

Apalagi, pada tahun 2023 jumlah kasus WNI bermasalah di luar negeri dilaporkan sebanyak 53.598 kasus, meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan jumlah 35.149 kasus pada tahun 2022.

Menlu juga menegaskan, dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan tren perusahaan perjudian online dan penipuan online yang merekrut tenaga kerja, termasuk warga negara Indonesia, di Asia Tenggara.

Baca juga: WNI di Taiwan diimbau waspadai gempa susulan

“Inilah awal mula eksploitasi buruh terhadap TPPO,” ujarnya.

Meski demikian, Kementerian Luar Negeri RI akan terus berupaya melindungi WNI dimanapun berada, sebagai upaya memenuhi alinea keempat Pembukaan UUD 1945 yang mengamanatkan negara untuk “melindungi segenap bangsa Indonesia”.

Kementerian Luar Negeri RI pada hari Jumat kembali menganugerahkan HWPA Award 2023 kepada 23 individu dan organisasi yang telah berkontribusi dalam upaya perlindungan WNI di luar negeri. Banyak penerima penghargaan yang diketahui berjasa dalam menjamin keselamatan WNI di wilayah bencana atau konflik.

Salah satunya adalah Duta Besar Indonesia untuk Sudan, Sunarko, yang berperan penting dalam penyelamatan WNI di tengah perang saudara yang sedang berlangsung di negara tersebut dan berhasil mengevakuasi WNI dari perang ke tempat yang aman.

Penghargaan juga diberikan kepada Lalu Muhammad Iqbal, Duta Besar RI untuk Turki periode 2019-2023 yang berjasa menjamin keselamatan WNI terdampak gempa bumi besar di selatan negara itu pada awal tahun 2023 dan inisiatif tersebut. untuk segera mengirimkan bantuan penanggulangan bencana kepada warga setempat. (semut/dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *