Satgas RAFI 2024 Resmi Ditutup, Pertamina Apresiasi Sinergi dari Semua Pihak

saranginews.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero) resmi menutup Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 2024 (Satgas RAFI) pada Senin (22/4) usai bekerja sejak 25 Maret 2024.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasuyon mengatakan keberhasilan Satgas RAFI 2024 akan menjadi pedoman untuk perbaikan lebih lanjut, begitu pula dengan Satgas lain yang dibentuk Pertamina terkait dengan berbagai peristiwa atau momentum nasional.

Baca juga: Hari Kartin 2024, Dirut Pertamina Ajak Perempuan Berkarier dan Tingkatkan Potensinya

“Pelaksanaan Satgas RAFI 2024 secara umum aman, lancar dan mendapat apresiasi sinergis dari semua pihak,” kata Alfian saat menutup rapat Satgas RAFI 2024.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pertamina yang telah bekerja dengan baik di Pokja RAFI, serta kepada seluruh kelompok produksi di sektor hulu, para awak kapal yang menyuplai energi ke seluruh nusantara, para operator SPBU dan juga HSSE. tim. Kontrol keamanan dan tim peringatan komputer dengan berbagai program digital.

Baca juga: Pertamina Verifikasi Kesiapan Tenaga Kerja RAFI, Jaminan Pasokan BBM, Kualitas dan Kuantitas

Pertamina Hulu Energi dalam kelompok kerja RAFI mengoptimalkan produksi migas di 40 wilayah kerja darat yang dikelola Pertamina.

Produksi minyak mencapai 93% dari target, dan produksi gas mencapai 102%.

Baca juga: Melalui Pokja RAFI 2024, Pertamina Jaga Pasokan Energi

Di sektor pengilangan, produksi di kilang yang dikelola Kilang Pertamina Indonesia (KPI) tersebut sesuai target dengan rata-rata realisasi produksi melebihi rencana produksi.

KPI berhasil mengoptimalkan kilang Pertamina berkapasitas 1.074 mbd dan mengamankan cadangan bahan bakar dengan produksi aktual di atas rencana produksi.

Untuk jalur distribusi yang dioperasikan oleh Subholding Integrated Marine Logistics (IML), Pertamina International Shipping telah mengerahkan 318 kapal dan 8 kapal tambahan sebagai kapal cadangan selain tonase normal.

Selama periode Satgas RAFI, Pertamina mengangkut kurang lebih 500 kiriman BBM, 172 kiriman LPG, dan 44 kiriman BBM dan LPG internasional.

Melalui Suholding Gas, Pertamina Gas Negara (PGN) berhasil memenuhi kebutuhan gas rumah tangga, industri, dan sektor transportasi.

Di akhir gugus tugas RAFI, distribusi gas rumah tangga berhasil dilaksanakan untuk 818.621 pelanggan rumah tangga di 18 provinsi dan 74 kabupaten/kota.

Selain itu, PGN menyalurkan gas ke 5.120 pelanggan komersial, industri, dan kecil, meningkat 15% dibandingkan periode Satgas RAFI tahun 2023.

Bisnis distribusi, transportasi, serta regasifikasi dan energi PGN juga mengalami pertumbuhan dibandingkan Satgas RAFI periode 2023.

Sementara itu, Subholding Commercial & Trading, Pertamina Patra Niaga yang menjadi tulang punggung pelayanan energi masyarakat pada masa mudik dan balik lebaran, telah mampu mengatasi peningkatan kebutuhan BBM, LPG dan sekitarnya. Sepanjang masa kelompok kerja, permintaan bensin meningkat sebesar 9,7%, LPG sebesar 4,8%, dan mobil sebesar 7,3% dibandingkan rata-rata konsumsi biasanya.

Peningkatan terbesar terjadi pada bensin pada tanggal 9 April 2024 atau H-1 yang kenaikannya mencapai 46%, dan kenaikan avtur terbesar terjadi pada tanggal 6 April 2024 atau H-4 yaitu sebesar 31% dibandingkan konsumsi reguler.

Vice President Corporate Communications Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Pertamina akan memberikan tambahan layanan energi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di jalur-jalur potensial antara lain jalan tol, jalur wisata, dan jalur angkutan utama, 1.792 SPBU Siaga, 61 Pertamina Siaga. Kios, 54. Satuan Pengendara, Mobil Tangki Siaga 202 dan 6 unit Beranda MyPertamina. Selain itu, Pertamina telah menyiagakan 5.027 agen dan outlet LPG.

“Salah satu layanan andalan Satgas RAFI Pertamina adalah para pengemudi yang selalu standby 24 jam sehari untuk menyediakan BBM kepada pelanggan yang kehabisan BBM. Kami mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja sinergis dengan Satgas RAFI Pertamina untuk melayani masyarakat secara keseluruhan Satgas RAFI bergerak cepat,” ujarnya. (jpnn)

Baca artikel lainnya… VII. Panitia mengucapkan terima kasih kepada Satgas Rafi Pertamina 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *