Laporan Bitget: 33 Persen Pelamar Pekerjaan Kripto Berasal dari Perbankan

saranginews.com JAKARTA – Bitget, perusahaan pertukaran mata uang kripto dan Web3 terkemuka di dunia, merilis laporan komprehensif yang mengungkapkan bahwa sepertiga pelamar pekerjaan kripto adalah mantan karyawan di sektor perbankan dan keuangan.

Gaji tinggi; reputasi industri; Faktor-faktor seperti peluang pertumbuhan dan fleksibilitas disebut-sebut sebagai alasan utama bagi karyawan untuk pindah ke industri kripto.

Baca Juga: GudangKripto Luncurkan Aplikasi Aset Kripto; Lebih cocok untuk pemula

Laporan tersebut mencatat bahwa gaji di startup kripto hampir dua kali lebih tinggi dibandingkan posisi serupa di perbankan.

Gracy Chen, direktur pelaksana Bitget, mengatakan laporan terbaru Bitget menyoroti perubahan luar biasa di pasar kerja keuangan. Inilah bagaimana mata uang kripto mendapatkan momentumnya dan desentralisasi membentuk kembali perbankan tradisional.

Baca Juga: CEO Indodocs: Bitcoin Spot ETF Adalah Terobosan Baru Dalam Industri Kripto

“Data menunjukkan adanya pergeseran yang signifikan, dengan berpindahnya talenta dari sektor perbankan ke mata uang kripto, tertarik dengan gaji yang tinggi dan potensi inovasi,” ujarnya dalam keterangan resmi Kamis (25/1).

Bagian utama dari laporan ini adalah untuk menemukan talenta di sektor keuangan; Menekankan fakta bahwa talenta bermigrasi dari sektor keuangan untuk mencari peluang yang tertarik dengan gaji tinggi dan potensi inovatif, bagian penting dari laporan ini adalah tren ketenagakerjaan di industri blockchain.

Baca Juga: Aturan Pajak Tidak Diharapkan Mempercepat Pertumbuhan Industri Kripto

Dampaknya adalah berkurangnya jumlah tenaga kerja perbankan tradisional, yang mendorong evaluasi ulang pendekatan perbankan terhadap perekrutan dan kompensasi.

Statistik menunjukkan bahwa lowongan pekerjaan di bidang teknologi akan meningkat sebesar 46 persen pada tahun 2020 di Inggris, yang merupakan sepertiga dari seluruh pekerjaan yang diiklankan di negara tersebut. Hal ini diilustrasikan dengan baik oleh Goldman Sachs, di mana 30 persen karyawannya adalah insinyur perangkat lunak.

Pendapatan bank investasi turun lebih dari 50 persen tahun ke tahun, yang menyebabkan PHK dan migrasi talenta.

Morgan Stanley; Batu hitam Restrukturisasi di Goldman Sachs dan bank lain telah menyebabkan lebih dari 50.000 PHK sejak tahun 2020. Sebanyak 20.000 lapangan kerja lainnya akan diberhentikan oleh bank-bank Lima Besar pada tahun 2023.

Peralihan karyawan muda ke pekerjaan di bidang teknologi telah menjadi faktor utama yang semakin mengurangi jumlah tenaga kerja bank tersebut.

Coinbase Amazon Alfabet, Microsoft dan perusahaan lain agak tertinggal dari industri teknologi tinggi, yang mempekerjakan 20 hingga 200 karyawan.

Sektor Crypto memimpin perekrutan, dengan Coinbase menarik 197 talenta dan Amber Group 250. Dinamisme seperti itu tetap ada meskipun terjadi krisis FTX pada tahun 2022, yang mengakibatkan lebih dari 2.000 orang kehilangan pekerjaan di sektor ini.

Mengenai kompensasi, Bank telah mengurangi gaji secara keseluruhan karena kondisi kerja jarak jauh dan digitalisasi. Sementara industri kripto menawarkan gaji yang sangat tinggi bagi karyawan jarak jauh, bank dikatakan akan memotong gaji mereka sama sekali.

Pada tahun 2022, 36 persen pekerjaan terkait blockchain akan berbasis jarak jauh, dua kali lipat perkiraan rata-rata global sebesar 16 persen.

Sektor Crypto memimpin perekrutan dengan menarik 197 talenta dari Coinbase dan Amber Group – 250.

Pada tahun 2022, meskipun terjadi krisis FTX, dinamika tersebut masih terjadi, menyebabkan lebih dari 2.000 orang kehilangan pekerjaan di sektor ini.

Mengenai kompensasi, Bank telah mengurangi gaji secara keseluruhan karena kondisi kerja jarak jauh dan digitalisasi. Sementara industri kripto menawarkan gaji yang sangat tinggi bagi karyawan jarak jauh, bank dikatakan akan memotong gaji mereka sama sekali.

Pada tahun 2022, 36 persen pekerjaan terkait blockchain akan berbasis jarak jauh, dua kali lipat perkiraan rata-rata global sebesar 16 persen.

Untuk gaji, Insinyur junior di startup kripto di London dapat mengharapkan untuk mendapatkan insentif sekitar $125,000, dibandingkan dengan $87,810 yang ditawarkan oleh bank investasi untuk posisi serupa.

Perbedaannya sangat besar di bank, di mana gaji rata-rata mencapai $54,000, sementara perusahaan kripto membayar sekitar $115,667.

Laporan Bitget mengutip jumlah resume yang menyoroti eksodus pegawai bank, menyatakan bahwa jumlah resume perbankan tahunan akan melonjak dari 880 menjadi 1,440, meningkat 113% pada tahun 2022 dan 143% pada tahun 2023. .

Artinya, pada tahun 2023, 33 persen dari seluruh resume akan berasal dari perbankan. Sementara itu, Peningkatan minat profesional luar terhadap pasar kripto sebesar 180 persen, hampir dua kali lipat dari 330 persen dalam 2 tahun.

Hubungan investasi; pengembangan bisnis dan penjualan; KYC dan kepatuhan; analisis data; desain produk; Posisi menengah dan senior paling umum dalam manajemen proyek dan latar belakang teknik.

Manajer KYC Rekan Kepatuhan Hingga 23 persen kandidat melamar posisi seperti Senior Compliance Associate dan AML Analyst (ray/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *