Kolaborasi Strategis Plugo dan Revolusi Lokal Demi Dukung UMKM Lokal

saranginews.com, Jakarta – Plugo resmi meluncurkan kemitraan strategis pertamanya dengan Local Revolution sebagai langkah penting untuk memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal di Indonesia.

Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk mengoptimalkan lanskap kewirausahaan lokal.

Baca Juga: Inovasi Livin Merchant Mandiri Perluas Jangkauan Pelanggan UMKM

Plugo menyadari besarnya potensi merek lokal atau UMKM lokal di Indonesia dan bersama Revolution Local berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan dan daya saingnya.

“Potensi UMKM lokal di Indonesia sangat besar, namun belum maksimal dan masih sulit bersaing di pasar domestik dan internasional. Bahkan di Indonesia sendiri, masih banyak yang autentik.​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​selaku direktur, dalam keterangan resmi Kamis (2)/5).

Baca Juga: Pembiayaan Kredit UMKM Bank DKI Capai Rp 5,2 Triliun di Q1 2024

Plugo adalah platform pengelolaan toko online lengkap yang menyediakan berbagai layanan untuk bisnis yang ingin berkembang baik online maupun offline.

Salah satu langkah Plugo untuk mendekatkan diri dengan UMKM adalah dengan membangun komunitas bernama Seller Champions. Ini merupakan salah satu program kerjasama dengan Local Revolution.

Baca Juga: Karya Real Fest Vol 6 Pekanbaru Dukung Perkembangan UMKM dan Cetak Rekor 30.000 Pengunjung

Dengan bekerja sama dengan masyarakat, Plugo berharap dapat lebih memahami kebutuhan UMKM lokal dan mencapai pemberdayaan UMKM lokal yang lebih besar.

Local Revolution yang kini diketuai oleh Alvin Sugianto merupakan inisiatif yang mendukung kemajuan UKM lokal agar mampu bersaing di pasar domestik dan internasional. Tujuan inilah yang menjadi alasan terciptanya kerjasama ini.

Raymond Chin, selaku penggagas, pernah menjelaskan bahwa membantu UMKM melaksanakan revolusi lokal meliputi gerakan kesadaran digital, pendanaan digital dan pengembangan kewirausahaan, standarisasi produk UMKM lokal di e-commerce, dan kerja sama pelaku lokal. Pemerintah

Digitalisasi UKM adalah salah satu proses terpenting dalam revolusi lokal. Plugo juga menyadari pentingnya digitalisasi bagi UKM. Dengan memanfaatkan kekuatan platform dan teknologi digital, bisnis lokal dapat membuka peluang baru untuk pertumbuhan, efisiensi, dan keberlanjutan.

Furkanda Labarza, selaku manajer pemasaran senior Plugo Indonesia, akan mendukung penerapan ini melalui serangkaian acara komunitas berkelanjutan yang terbuka untuk seluruh bisnis lokal di Plugo Indonesia.

“Acara-acara ini menjadi wadah berbagi pengetahuan, networking, dan peningkatan kapasitas, yang dapat menjadi sumber daya berharga bagi UMKM untuk berkembang di pasar yang dinamis saat ini,” jelasnya.

Dengan kerja sama ini, Plugo dan Local Revolution berharap merek lokal tidak hanya mampu bersaing, namun juga unggul dalam persaingan non-lokal.

Plugo percaya pada kekuatan dan potensi yang melekat pada UMKM Indonesia, dan kemitraan strategis ini bertujuan untuk memperkuat posisi mereka di pasar.

(ded/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *