SIS Preschool Sedayu City Usung Kurikulum Berbasis Riset, Perkuat STEAM

saranginews.com, JAKARTA – PAUD SIS Sedayu Kota resmi beroperasi. Gedung sekolah canggih ini, dirancang berdasarkan masukan dari para ahli pendidikan anak usia dini di seluruh dunia, mengutamakan keselamatan sebagai fitur desain inti.

Setiap area dirancang dengan cermat untuk mendorong pengembangan keterampilan di berbagai bidang perkembangan, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak untuk bereksplorasi tanpa batasan.

BACA JUGA: Gembira dengan aturan baru seragam sekolah, kata Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Sumber daya multimedia, aplikasi pendidikan, dan alat interaktif diintegrasikan untuk memfasilitasi proyek kolaboratif, memberikan kesempatan belajar berdasarkan pengalaman.

Pendekatan ini mendorong anak untuk berpikir kritis, memecahkan masalah secara kreatif, dan mengekspresikan diri dengan percaya diri.

BACA JUGA: 6 Fakta Penempatan Guru PPPK P1, P3 Swasta di Sekolah Umum Harus Aman

Jaspal Sidhu, pendiri SIS Group of Schools, mengatakan SIS Preschool merupakan satu-satunya prasekolah di Indonesia yang memiliki kurikulum berbasis penelitian yang terintegrasi dengan kurikulum Nurturing Early Learners (NEL) Singapura yang juga diakui dunia.

“Sama seperti di Singapura, SIS Preschool Sedayu City fokus pada STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics). Hal ini untuk membekali anak-anak menghadapi persaingan global, berpikir kritis, inovatif dan berkolaborasi, kata Jaspal Sidhu kepada pers. konferensi pada peresmian SIS Preschool Sedayu Kota di Jakarta, Rabu (24/4).

BACA JUGA: Sekolah dasar di Australia mendorong normalisasi perbedaan melalui ruang ibadah

Penelitian menunjukkan bahwa sejak lahir hingga usia enam tahun merupakan masa krusial bagi perkembangan otak manusia, sehingga memberikan peluang penting untuk menyerap pendidikan. Pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berkualitas.

Hal ini tidak hanya mempersiapkan anak-anak untuk memasuki sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional seumur hidup dan perkembangan holistik.

Jaspal Sidhu mengatakan pentingnya pendidikan anak usia dini terletak pada dampak signifikannya terhadap pengembangan keterampilan STEAM, peningkatan kinerja akademik, dan kesuksesan jangka panjang.

Oleh karena itu, tindakan dan pengaruh orang tua pada masa kanak-kanak sangat mempengaruhi pertumbuhan fisik, intelektual, emosional, dan sosial anak, ”ujarnya.

Ia menegaskan, peran guru merupakan unsur penting dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Itu sebabnya SIS prasekolah sangat ketat dalam perekrutan guru.

SIS PAUD tidak melihat dari gelar akademis seorang guru atau lulusan perguruan tinggi apa, tapi bagaimana sikapnya.

“Sebagai sekolah internasional eksklusif di Indonesia yang mengadopsi kerangka NEL, kurikulum kami juga mengintegrasikan praktik yang didukung oleh penelitian dari Reggio Emilia dan Montessori,” jelasnya.

Lanjutnya, pendekatan pembelajaran aktif yang unik inilah yang membedakan SIS Preschool dengan prasekolah lainnya. Inti dari pendekatannya adalah penekanan pada anak-anak (SID). Itu singkatan dari kerjasama dan pengembangan masyarakat

(Kolaborasi dan Pengembangan Komunitas), pertumbuhan inklusif (Pembangunan Holistik), pembelajaran berbasis proyek terpadu, lingkungan yang kaya akan bahasa dan keberagaman.

“Fokus ini membantu guru mencapai tujuan kami dalam mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam pendidikan dasar dan seterusnya,” tambah Kepala Akademik dan Kurikulum SIS, Nicola Krause.

Menurut Nicola, pendekatan inovatif SIS Preschool terhadap pendidikan anak usia dini melampaui metode tradisional, memberikan penekanan kuat pada pengembangan keterampilan penting abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi.

“Kami mengajak para orang tua, pendidik, dan masyarakat umum untuk bersama-sama memikirkan potensi pendidikan anak usia dini,” tutupnya.

Saat ini, SIS Group of Schools mengoperasikan sembilan sekolah di Indonesia: SIS Selatan Jakarta, SIS Pantai Indah Kapuk, SIS Kelapa Gading NEJ, SIS Cilegon, SIS Semarang SIS Palembang SIS Medan, SIS Surabaya, SIS Preschool Sedayu City. dan empat sekolah lainnya di luar negeri yaitu di Korea, Myanmar dan India. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *