Prabowo Rajin Dampingi Presiden Jokowi, Begini Kata Pengamat

saranginews.com, JAKARTA – Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Kumrodin menilai kehadiran Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang terpilih sebagai presiden oleh KPU pada Pilpres 2024 nyaris dengan segala kesopanan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik kunjungan tersebut sebagai tanda pergantian pemerintahan.

“Kalau saat ini Pak Prabowo mendampingi Pak Jokowi dan diundang kemana-mana saat acara kenegaraan, itu menunjukkan peralihan dari Pak Jokowi ke Pak Prabowo akan lancar, mulus, mulus,” kata Ujang Kumrodin. Bagi wartawan, Senin (29/4).

Baca juga: PKS Nekat Dekati Pravobo-Gibran, Fakhri Hamzah Ajukan Ide Sulit untuk Kompromi

Bahkan ia menyebut Prabao dan Jokowi bersatu karena berada pada frekuensi yang sama karena menjalankan prinsip stabilitas yang sama.

Ujang menilai seringnya Jokowi menangkap Prabo saat berkunjung ke berbagai negara merupakan bentuk upaya memperkenalkan calon penggantinya.

Baca juga: Analis Puji Langkah Jokowi yang Undang Prabo Temui Perdana Menteri Singapura

Selain itu, upaya ini memastikan bahwa negara akan terintegrasi di masa depan.

Saya melihat positifnya Pak Prabo sering bertemu Pak Jokowi dan Jokowi mengundang Prabo ke acara-acara bersama pemimpin negara lain, jelas Ojang.

Baca Juga: Kabar Jebolnya Kabinet Prabhu-Gibran, Desco Sebut Itu Kehendak Rakyat

“Ini menempatkan mereka pada satu frekuensi dan mereka akan bersama-sama sekarang dan di masa depan untuk membangun bangsa,” tambahnya.

Belakangan ini Prabo tampak rajin memberikan penghormatan kepada beberapa kepala negara yang mendampingi Subianto Jokowi.

Baru-baru ini, Prabowo mendampingi Jokowi menyambut Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor (29/4).

Dalam kesempatan tersebut, Lee mendampingi Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong yang akan menggantikannya sebagai Perdana Menteri Singapura pada 15 Mei.

Sebelumnya Prabo juga mengatakan, Presiden Jokowi sangat membantu dan menjaganya hingga dilantik pada Oktober mendatang.

“Saudara-saudara, saya harus sampaikan kepada saudara sekalian, betapa besarnya persiapan yang dilakukan Pak Joko Widodo kepada saya. Beliau, seperti saya katakan, adalah orang yang sangat teliti. Beliau sangat teliti,” kata Prabo di acara Halalbihalal PBNU.

“Dia masih perhatian sama saya dan saya fit banget. Kemarin mereka manggil saya ‘Menteri Pertahanan’, tapi sekarang saya lebih disapa ‘Mas Bobo’,” sambungnya.

Ketum Partai Jarindara ini menambahkan, Jokowi diinstruksikan untuk melakukan kunjungan persahabatan ke beberapa negara, memperhatikan dan mempersiapkannya.

Pada awal April 2024, Provo tercatat menyambangi Tiongkok dan Jepang.

Setelah itu, Prabo juga berencana mengunjungi Timur Tengah atas arahan Presiden Jokowi.

“Saya berangkat ke China dan Jepang sesuai instruksi beliau. Sekarang saya mendapat perintah ke Timur Tengah,” pungkas Prabo. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *