Pencuri Mobil Bermodus Duplikat Kunci Ini Akhirnya Ditangkap, Ini Tampangnya

saranginews.com, BANJARMASIN – Polisi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan berhasil menangkap pelaku pencurian mobil dengan menggandakan kunci berinisial NY, 37.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Banjarmasin, Kompol Thomas Afrian, Kamis, mengungkapkan, korban merupakan mantan klien perusahaan leasing berinisial WRN, 42 tahun, berdomisili di Kabupaten Tanah Laut).

BACA JUGA: Polisi Tangkap 6 Tersangka Perampokan yang Lakukan Puluhan Kejahatan di Kota Malang

Pelaku ditangkap di Jalan Handil Bakti Selamat Dalam (Kabupaten Barito Kuala) pada Rabu (1/5) sekitar pukul 19.30 Wita. Sementara itu, terjadi perampokan pada Jumat (26/4) di Jalan P Antasar, Banjarmasin. , Banjarmasin.

Thomas menjelaskan kronologi tindak pidana pencurian berkualifikasi, Kamis (03/07), sekitar pukul 10.00 WIB, pelaku tindak pidana WITA meminjam kendaraan korban. Karena ingin memiliki mobil tersebut, pelaku menggandakan kunci mobil tersebut sebelum mengembalikan barang tersebut kepada korban.

BACA JUGA: Polisi tangkap 4 perampok di Pesanggrahan, Jakarta Selatan

“Setelah berhasil menggandakan kunci, pelaku beberapa kali mengajak korban ke tempat hiburan, mencari cara untuk mendapatkan mobil, namun pelaku selalu tidak mampu mengemudikan kendaraannya,” ujarnya lagi.

Hingga akhirnya lanjutnya, pada Jumat (26/4) sekitar pukul 23.00 WITA, pelaku dan korban bertemu di sebuah tempat hiburan malam di kota Banjarmasin dan saling bertukar sapa, pelaku menyadari ada kesempatan dan lari pulang, mengambilnya. kunci duplikat dan segera menuju tempat parkir TKP (TCP).

BACA JUGA: Simak Aksi Maling yang Seret Wanita di Bekas, Ini Kata Polisi

Pelaku kemudian mengambil mobil korban dan menyembunyikannya sementara di kolong Princesilla, kawasan Banjarmasin Utara, setelah itu kembali ke klub tersebut. Bingung, korban mengetahui mobilnya tidak ada di tempat parkir dan penyerang berpura-pura menyesal.

Terlebih lagi, kata Thomas, pelaku melapor ke Polresta Banjarmasin keesokan harinya, Sabtu (27/4), dan petugas kompleks langsung melakukan penyelidikan dan menemukan barang bukti yang disembunyikan di bawah jembatan.

Tim kemudian mengembangkan penyelidikan hingga akhirnya dapat menangkap pelaku kejahatan di kediamannya di Kabupaten Barito Kuala, kata Thomas. Dari kejadian tersebut, Polresta Banjarmasin menemukan beberapa keadaan terkait tindak pidana perampokan seberat itu, antara lain pelaku sudah merencanakan operasinya jauh-jauh hari dan mempersiapkannya dengan matang.

Fakta lainnya, korban merupakan mantan klien pelaku saat masih bekerja di perusahaan pembiayaan kredit. Pelaku tindak pidana tersebut juga merupakan pelaku berulang dalam kasus perampokan tersebut.

Thomas mengatakan, pelaku juga mengaku sebagai pengguna narkoba. Saat menyembunyikan barang bukti, pelaku menjadi paranoid atau bingung dan langsung membuang plat nomor sebagai barang bukti.

Polres Banjarmasin juga mengungkap fakta pelaku memiliki banyak plat nomor kendaraan roda dua dan empat dengan nomor polisi berbeda yang disimpan di kediamannya.

Atas perbuatannya, pelaku divonis tujuh tahun penjara berdasarkan Pasal 363 KUHP.

Sejumlah barang bukti disita antara lain satu unit mobil Honda Jazz 2019 warna merah tanpa pelat nomor, kunci rangkap, nomor pelat, rekaman CCTV, topi, baju, dan celana panjang.

“Kami masih mendalami nomor plat kendaraan yang ada di tangan pelaku. “Apakah ini mengarah pada tindak pidana lain atau malah menimbulkan korban lebih lanjut, kasus ini masih didalami penyidik,” kata Thomas (antara/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *