Motor Listrik Konsep Besutan MAB Melantai di PEVS 2024, Daya Jelajahnya Hingga 100 Km

saranginews.com, JAKARTA – Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) Lantai 2024, Selasa (30/4), PT. Mobil Anak Bangsa (MAB) telah meluncurkan konsep sepeda motor listrik yang sepenuhnya dikembangkan secara lokal.

“Saat ini kami sedang menunjukkan prototipe sepeda motor khusus yang dikembangkan oleh departemen penelitian dan pengembangan internal Motor Anak Bangsa, dan kami berharap kandungan lokalnya mungkin lebih dari 80 persen,” kata Direktur Utama PT. MAB Kelik Irwantono, JiExpo Kemayoran.

Baca: Kymco Ikut Peluncuran PEVS 2024 dengan Sepeda Motor Listrik Unggulannya

Prototipe sepeda motor listrik MAB dengan kode ML01 dirancang khusus sesuai kriteria pasar Indonesia.

General Manager MAB Winart Lee mengatakan sepeda motor listrik ML01 harus siap diproduksi di pabrik MAB Demak di Jawa Tengah pada akhir tahun ini.

BACA JUGA: Moeldoko menjelaskan mengapa sepeda listrik kurang diminati meski ada insentif

Baca juga: Supercar Listrik Pertama Maserati Punya 3 Motor Listrik

Namun Winarto belum merilis jadwal peluncuran ML01 ke pasaran.

“Nanti kita sesuaikan, tapi itu target kami (siap produksi) di akhir tahun. Nanti saat peluncurannya kita lihat waktunya, yang penting siap dulu,” kata Vinarta.

Diklaim 80 persen dirakit sendiri, sepeda ini berukuran panjang 1.870 mm dan lebar 710 mm.

Dengan baterai 72 volt, 72 amp berkapasitas 40 jam, ML01 memiliki kecepatan tertinggi hingga 80 km/jam dan mampu menempuh jarak 80 hingga 100 km dengan pengisian penuh.

Jangan lupa MAB juga memperkenalkan baterai ELBI pertama untuk kendaraan listrik.

Juru bicara ELBI Ahmad Rofiki mengatakan baterai yang diklaim 100 persen buatan lokal itu telah lolos tahap sertifikasi.

“Tahap sertifikasi sudah kita lewati dan mudah-mudahan kedepannya bisa mensuplai aki berkualitas dari ELBI dan meningkatkan kandungan lokal sepeda motor dan mobil yang dijual di Indonesia,” kata Ahmad. (antara/jpnn)

Baca artikel lainnya… United E-Motor Luncurkan Sepeda Motor Listrik Baru, Targetkan 60.000 Unit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *