Indonesia Resmi jadi Anggota FATF, Upbit Optimistis Industri Kripto Tumbuh Positif

saranginews.com, JAKARTA – Resna Raniadi, Vice President Operation Upbit Indonesia, memuji perjalanan panjang pemerintah untuk menjadi anggota penuh Financial Action Task Force (FATF).

Seperti diketahui, Indonesia resmi menjadi anggota tetap Financial Action Task Force (FATF) ke-40.

Baca Juga: Prediksi Pasar Kripto Edisi Upbit Q4 2023

FATF adalah organisasi internasional yang fokus pada upaya global untuk membiayai pencucian uang, pendanaan teroris, dan proliferasi senjata pemusnah massal.

Keanggotaan ini tentunya akan berdampak positif terhadap peningkatan kepercayaan terhadap Indonesia baik dari segi iklim bisnis dan investasi, termasuk industri kripto. Semua itu tercapai berkat upaya bersama pemerintah dan pemangku kepentingan terkait, kata Resna. Dikutip, Jumat (17/11).

Baca Juga: Tips Investasi Cryptocurrency Aman Upbit, Investor Harus Tahu!

Karena keanggotaan ini, Indonesia harus mematuhi peraturan perjalanan yang diberikan oleh FATF.

Travel Rule merupakan regulasi global yang mewajibkan seluruh lembaga keuangan untuk memberikan informasi tambahan saat mengirim dan menerima aset antar institusi pada tahun 2019, aturan yang juga berlaku pada transaksi aset digital.

Upbit telah menerapkan aturan perjalanan di Indonesia sejak Maret 2020 bekerja sama dengan VerifyVASP, penyedia solusi aturan perjalanan untuk perdagangan digital.

“Di Upbit kami selalu mengutamakan kenyamanan dan keamanan transaksi pengguna,” ujarnya.

Resna menjelaskan bahwa dengan menerapkan proses Kenali Pelanggan Anda, VerifyVASP dapat mengumpulkan dan mengirimkan informasi yang diperlukan terkait transfer aset digital untuk mengidentifikasi dan melaporkan setiap transaksi mencurigakan.

Selain aturan perjalanan, negara-negara anggota FATF harus memiliki aturan terkait DeFi dan sistem anti pencucian uang yang memastikan transaksi tidak dialihkan ke aktivitas terlarang.

Negara juga harus memantau transaksi di P2P, DeFi, dompet pribadi, dll.

Resna menegaskan, Upbit berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah Indonesia untuk menciptakan ekosistem perdagangan kripto yang kuat dan aman.

“Ke depan, prioritas kami adalah fokus untuk memastikan akses yang mudah dan aman bagi pengguna Upbit ketika ingin memperdagangkan aset digital, didukung dengan transparansi informasi, edukasi aset digital, dan wawasan aset digital terkini,” tutupnya. Resna Raniyadi (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *