Ikuti Ajang Eurie 2024 di Turki, Untar Diproyeksikan Menjadi World Class University

saranginews.com, Istanbul – Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang ditunjuk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditgen Diktiristek) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengikuti Eurasia Higher Education Summit 2024 tahun. selesai (Yuri) yang akan digelar di Istanbul, Turki pada 26-29 Februari.

Eury 2024 merupakan pameran dan konferensi pendidikan tinggi internasional tahunan terkemuka di kawasan Asia-Eropa yang mempertemukan para pendidik, akademisi, pengambil kebijakan, dan pemangku kepentingan lainnya di bidang pendidikan tinggi dari seluruh dunia.

Baca Juga: Luar Biasa, PKM Untar Sukses Pertahankan Klaster Kinerja Perguruan Tinggi Mandiri

Dirjen Pendidikan dan Teknologi, Ketua Tim Kerjasama dan Humas Kemendikbud Yayat Hendayana mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dan menggandeng 9 perguruan tinggi besar Indonesia untuk ikut serta dalam bidang pendidikan. Transisi menyongsong Indonesia Emas 2045 dengan memperluas dan memperkuat jaringan mitra internasional untuk menghasilkan pendidikan tinggi yang berkualitas.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan lebih banyak peluang bagi perguruan tinggi Indonesia untuk memasuki pasar pendidikan tinggi global.

Baca Juga: Selamat, Antar PR raih juara utama Anugera Diktiristake 2023

“Ditjen Pendidikan Tinggi dan Teknologi mengapresiasi Untar sebagai satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang dapat membuka booth untuk menampilkan keunggulan dan keunikan program pendidikan tingginya,” kata Yayat dalam keterangannya. – Yayat mengatakan dalam pernyataannya. , Rabu (6/3).

Ketua Yayasan Tarumanagra, Prof. Aryawan Gunadi yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan internasionalisasi Uttar.

Baca Juga: Anugerah Pendidikan dan Kebudayaan Anugerah Pimpinan Akademik Rektor Untar 2023

Ariyavan menegaskan, Yayasan Tarumanagar akan selalu memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan yang akan membawa nama Untar di kancah internasional.

“Menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang ditunjuk dan dipercaya oleh Ditjen Dikti, membuktikan nyata peran dan kontribusi Untar bagi dunia dalam persaingan global dengan perguruan tinggi di berbagai belahan dunia,” kata Ariyawan.

Rektor Unkar prof. Dr. IR Augustinus Puran Irwan, MT, MM, IPU, ASEAN Eng. Salah satu peserta acara mengatakan, kegiatan ini merupakan pertama kalinya Untar mengikuti kegiatan yuri ini.

Keikutsertaan Untar merupakan salah satu upaya penerapan tagar “Untar untuk Dunia”.

“Untar ingin berperan lebih luas dalam pendidikan tinggi global dengan terus meningkatkan kualitas.” “Untar dihadirkan sebagai salah satu perguruan tinggi swasta dunia oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Teknologi,” kata Prof. kata Agustinus.

Selain itu, Prof. Augustinus Golden berharap dapat menjalin kemitraan kolaboratif dengan berbagai universitas di seluruh dunia untuk mendukung perolehan sumber daya manusia unggul menyongsong Indonesia 2045.

Menurutnya, Untar mempunyai banyak program bagus yang bisa ditawarkan.

“UNTAR menawarkan berbagai program lintas negara, antara lain pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian bersama internasional, pengabdian masyarakat internasional, dosen tamu dan magang, serta banyak kegiatan lain yang sejalan dengan keunggulan Untar. , khususnya di bidang kewirausahaan,” jelasnya.

Dikatakannya, Untar telah banyak melakukan kerjasama internasional dengan negara-negara di Asia, Australia, Uni Eropa, Inggris dan Amerika.

EURI 2024 diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan kerja sama internasional dengan beberapa tambahan negara Eropa seperti Turki, Uzbekistan, Kazakhstan, Romania, Brazil, Azerbaijan dan Italia.

Universitas Nasional Eurasia dan banyak universitas lain seperti Universitas Teknik Azerbaijan, Universidad Federal de Lavras Brasil, Universitas HSE St. Saint Petersburg, Universitas Antalya Bilim.

Kemudian Universitas Medipol, Universitas Uskudar, Universitas Marmara, Universitas Lokman Hekim, Universitas Sapienza, Universitas Kasetsart, Universidad Federal de Lavras, Hult International Business School, Morgan Maryland State University dan Aydin University di Istanbul.

Secara khusus, Rektor Untar menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi yang telah memfasilitasi Universitas di bawah kepemimpinannya.

Ia meyakini kegiatan ini sangat bermanfaat dan membawa hasil positif.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Untar dan rekan-rekan mendapat kesempatan mengunjungi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul.

Disambut Konsul Jenderal (KJRI) Darianto Khersono, Rektor Untar menyampaikan keinginannya untuk mempererat kerja sama dengan berbagai institusi di negara-negara Eropa.

Darianto dalam diskusinya mengatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran perguruan tinggi Indonesia untuk memperkuat kerja sama eksternal dengan memberikan jembatan untuk memfasilitasi implementasi di masa depan.

Sebagai informasi, Yuri 2024 mewakili 2 ribu peserta dari 72 negara.

Diselenggarakan oleh Persatuan Universitas Eurasia (EURAS), tahun ini menandai tahun kesembilan penyelenggaraannya. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *