Cara Mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2024 dan 3 Kategori Siswa Prioritas

saranginews.com – JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendigbudristek) membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Perguruan Tinggi Kemerdekaan 2024.

Pendaftaran KIP Kulia Merdeka 2024 dibuka mulai 12 Februari hingga 31 Oktober 2024.

Baca Juga: Calon Penerima KIP Perguruan Tinggi 2024 Siapkan 3 Dokumen Ini, Penting

Abdul Kahar, Pj Kepala Pusat Layanan Keuangan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan, KIP Kuliah Merdeka merupakan program bantuan sosial dan langkah investasi pemerintah untuk meningkatkan akses siswa dari keluarga miskin atau rentan.

“Melalui KIP Kuliah Merdeka, mahasiswa dapat berprestasi dalam studinya, lulus tepat waktu dan meraih prestasi sehingga dapat bekerja keras untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” ujarnya di Jakarta, Selasa (20/2).

Baca Juga: Berikut beberapa syarat pendaftaran calon penerima KIP Kuliah 2024

Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah Merdeka dapat mengunjungi website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ yang berisi persyaratan utama dan persyaratan finansial.

Persyaratan Utama Lulusan SMA/sederajat pada tahun 2024, 2023, 2022 dan diterima pada program studi terakreditasi (PROD) pada perguruan tinggi terakreditasi, antara lain Ujian Nasional Berbasis Prestasi Nasional (SNBP), Ujian Nasional Berbasis UN. Dalam Tes Teks (SNBT), atau Mandiri.

Baca juga: Berikut 4 kebijakan Kemendikbud untuk menambah jumlah penerima KIP perguruan tinggi mandiri

Prioritas pertama berupa pemegang kebutuhan ekonomi yaitu SMA/KIP setara atau Proyek Indonesia Pintar (PIP).

Prioritas kedua adalah mendaftar pada data terpadu penerima bantuan sosial kesejahteraan sosial (DTKS) atau skema perwalian keluarga (PKH), kartu keluarga sejahtera (KKS) atau mendaftarkan maksimal tiga desil untuk mempercepat penghapusan. Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PPKE)/Sasaran Pengentasan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Anak-anak di Panti Asuhan atau Panti Sosial Prioritas Ketiga, Prioritas Keempat berasal dari keluarga miskin atau tidak mampu dengan gabungan pendapatan orang tua atau wali sebesar Rp 4.000.000 per bulan atau total pendapatan orang tua atau wali terpisah dengan jumlah anggota keluarga. Maksimal Rp 750.000 per orang dengan bukti Surat Keterangan Disabilitas (SKTM).

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka yaitu Pendaftaran Rekening Pendaftaran KIP Kuliah dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Sekolah Nasional (NPSN) yang masih berlaku serta melengkapi seluruh berkas aktif dengan bukti-bukti yang diperlukan dengan benar dan jujur. Oleh.

Selanjutnya, pilih jalur masuk Anda ke Universitas, ikut serta dalam proses seleksi hingga Anda dinyatakan lulus, ikuti proses seleksi prioritas penerima dan kelayakan Anda diverifikasi oleh Universitas, serta dinominasikan dan ditunjuk sebagai calon penerima oleh Universitas . Puslaptik merupakan penerima KIP Kulia, telah menempuh pendidikan dengan prestasi yang sangat baik dan lulus tepat waktu.

Jenjang penerimaan KIP Kulia Merdeka 2024 yaitu:

1. Daftar/Daftar akun KIP Kulia Merdeka mulai 12 Februari-31 Oktober 2024.

2. Memilih KIP untuk belajar di perguruan tinggi selama 1 Juli-31 Oktober 2024.

3. Kursi baru pada 1 Juli-31 Oktober 2024. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *