Cara Jitu Mengembalikan Tidur yang Berkualitas 

saranginews.com, JAKARTA – Mengembalikan pola tidur selama bulan puasa perlu mendapat perhatian. Sebab ada beberapa hal yang akan berubah ketika seseorang berpuasa.

Mulai dari perubahan pola makan, metabolisme, hingga perubahan jam tubuh terkait waktu tidur.

CATATAN: Jika Anda sulit tidur setiap malam, segera hilangkan dengan melakukan 3 pengobatan berikut.

Perubahan pola tidur akan berdampak pada kesehatan. Untuk menghindarinya, perlu dilakukan sedikit perubahan pada pola tidur agar aktivitas dapat berjalan normal.

Ahli Nutrisi Herbalife Indonesia dan Anggota Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife (DAB) Aria Novitasari mengatakan, kebanyakan orang mengetahui dampak pola makan sehat dan gaya hidup aktif terhadap kesehatan fisiknya, namun pola tidur yang baik tidak pernah mendapat perhatian.

BACA JUGA: Dengan #SELANGKAH 2024, SILO mendukung transformasi layanan kesehatan di Indonesia

Aria Novitasari menjelaskan dalam keterangannya, Jumat, “Mulai dari kecil, kita semua begadang untuk menonton film atau sepak bola, begadang semalaman untuk bekerja atau belajar. (19/4).

Ia menambahkan, peningkatan waktu dan kualitas tidur diperlukan untuk beradaptasi dengan tuntutan hidup.

BACA JUGA: 8 Makanan Ini Kaya Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan

Kurang tidur sering terjadi karena perubahan waktu, perjalanan, dan stres, jadi penting untuk mengetahui cara cepat pulih dan mendapatkan pola tidur yang baik.

“Teruslah membaca untuk mendapatkan informasi penting tentang pentingnya tidur dan faktor-faktor yang dapat meningkatkannya,” kata Aria.

Ia menjelaskan, tidur sangat penting untuk membantu fungsi otak, termasuk persepsi, perhatian, produktivitas, dan kinerja.

Cara ini dapat berperan dalam menjaga atau menurunkan berat badan, serta performa kebugaran yang maksimal.

Mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, mempengaruhi kemampuan mengatur emosi. Oleh karena itu, Aria Novitasari memaparkan 4 tips mengembalikan kualitas tidur:

1. Makan dengan baik agar tidur nyenyak

Sebaiknya hindari makanan berat sebelum tidur, serta makanan yang mengandung kafein, makanan asam, pedas, manis atau berlemak. Sebagai gantinya, cobalah hal berikut untuk meningkatkan kualitas tidur malam Anda:

• Makanlah makanan berat saat makan siang

• Makan makanan yang seimbang dan bergizi

• Bagi anak-anak, sebaiknya batasi asupan gula

• Orang dewasa sebaiknya membatasi konsumsi kafein pada sore dan malam hari, dan memilih secangkir teh herbal dingin.

2. Berolahraga untuk tidur lebih nyenyak

Kurangnya olahraga juga bisa menyebabkan masalah tidur. Sedikit atau tidak berolahraga dapat meningkatkan stres sehingga membuat Anda sulit tidur.

“Kesulitan tidur membuat sulit beraktivitas di siang hari. Mulai dari sini, siklusnya terus berlanjut.”

Karena banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari berolahraga, maka usahakan untuk berolahraga setiap hari. Untuk istirahat lebih baik, olahraga sederhana dan lembut seperti jalan kaki dan yoga akan banyak membantu.

Anak-anak tentunya harus menikmati waktu bermain sehari-hari, dan berjalan-jalan bersama keluarga hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat dari bergerak bersama.

3. Meningkatkan kebersihan tidur

Kebersihan tidur penting bagi semua orang, namun anak-anak dan orang dewasa akan mendapatkan manfaat paling besar, karena hal ini akan mempersiapkan mereka untuk sukses dalam hidup.

“Tetapkan jadwal, usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, karena ini menciptakan ritme tidur yang sehat,” jelasnya.

Lalu, tunggu sebelum tidur.

Beri diri Anda dan anak Anda 30 menit hingga satu jam aktivitas yang menciptakan keadaan tenang sebelum tidur (misalnya meditasi, membuat jurnal, membaca, mendengarkan musik yang menenangkan, dll.).

Melindungi kamar tidur itu penting. Lingkungan yang sejuk, gelap dan tenang tanpa gangguan elektronik adalah yang terbaik untuk relaksasi. Harap matikan ponsel Anda dan nyalakan TV.

“Hindari tidur. Kalau tidak bisa tidur, tidurlah 30 menit atau kurang agar tidak mengganggu tidur malam,” ujarnya.

4. Ciptakan rutinitas yang bermanfaat bagi seluruh keluarga

Menciptakan rutinitas tidur untuk Anda dan keluarga dapat menciptakan rutinitas yang sehat.

Hal ini menciptakan dinamika di mana “waktu tidur” dibagi ke seluruh keluarga, membuat tidur lebih mudah bagi semua orang.

Hal ini juga akan membuat jadwal Anda dan keluarga yang sudah kacau menjadi lebih teratur. Pastikan untuk mempraktikkan rutinitas tidur baru Anda sampai menjadi kebiasaan.

Misalnya, ada sebuah keluarga yang sedang bersiap untuk pulang liburan atau mudik lebaran, sehingga jet lag dan kembali bekerja dan sekolah. Mereka harus mulai membuat rutinitas tidur yang sesuai dengan jadwal tidurnya sambil menggunakan tips di atas untuk memperbaikinya dengan cepat.

Aria (esy/jpnn) menyimpulkan: “Jadwal tidur yang baik adalah alat yang ampuh untuk mencapai kesuksesan. Jadi gunakanlah tips berikut ini untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda dan keluarga.”

BACA ARTIKEL SELENGKAPNYA… Berikut langkah Indodax untuk mencegah pencucian uang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *