5 Penyakit Kronis yang Bisa Timbul Minggu Pertama Lebaran

saranginews.com – Jakarta – Lima penyakit lama bisa muncul kembali di minggu pertama libur karena tidak terkontrol selama puasa.

Menurut Guru Besar Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangungkusumo. Dr. Dr. Ari Fakhriyal Syam, masyarakat harus mewaspadai lima penyakit kronis tersebut.

Baca juga: 7 Manfaat Air Sereh, Hindari Sederet Penyakit Ini

Yakni tekanan darah yang tidak terkontrol, kolesterol tinggi, radang sendi, diabetes karena gula darah tinggi, dan sakit maag yang bisa kambuh.

“Bisa saja kambuh dalam satu atau dua hari saat liburan, jadi sebaiknya tunggu sampai penyakit kronis ini kambuh lagi,” kata Ari dalam keterangannya, Kamis (11/4).

Baca juga: Coba turunkan kadar asam urat tinggi dengan 4 herbal ini

Dikatakannya, penyakit kronis dapat dikendalikan dengan berpuasa, sehingga masyarakat dapat mengonsumsi makanan secara teratur dan mengurangi kebiasaan makan berlebihan.

Menurutnya, sebagian besar pasien sembuh dari sakit maag akibat puasa.

Baca juga: 6 Khasiat Bawang Merah, Menghilangkan Penyakit Ini

Agar hal tersebut tidak terulang lagi, Ari menyarankan untuk cerdas dalam memilih makanan saat hari raya dan tidak berlebihan, seperti menghindari makanan yang terlalu asin.

“Di satu sisi, saya ingatkan agar tetap mengonsumsi sayur dan buah, karena dapat menurunkan penyerapan kolesterol di usus halus. Selain itu, serat pada sayur dan buah dapat melancarkan tinja,” ujarnya .

Penyakit lain yang muncul pada saat liburan adalah penyakit menular yang disebabkan oleh rasa lelah dan berkurangnya imunitas tubuh pada saat melakukan aktivitas liburan, kontak atau bersenang-senang.

Penyakit menular tersebut adalah infeksi saluran pernafasan atas, infeksi demam berdarah dan penurunan imunitas akibat kelelahan.

Stamina yang rendah juga dapat mengakibatkan kecelakaan yang tidak diinginkan dalam perjalanan pulang.

Untuk mencegah menurunnya daya tahan tubuh, Ari mengingatkan Anda untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan rutin mengonsumsi air putih untuk memastikan kecukupan cairan tubuh.

“Saya harusnya lebih leluasa berolahraga karena dia tidak puasa. Jadi kalau banyak keringat, minum air putih saja. Walaupun libur, tapi tetap olah raga,” Arie mengingatkan.

Jika Anda merasa tidak bisa mengendalikan pola makan dalam satu atau dua minggu, Arie menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau pemeriksaan fisik untuk memastikan kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah Anda berada pada level normal tingkat yang tepat. Identitas harus dijaga kesehatannya. (Antara/JPNN)

Baca artikel lainnya… 6 Manfaat Air Jahe yang Luar Biasa, Wanita Menyukainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *