2 Tahun Pimpin Papua Barat, Paulus Waterpauw Sukses Bawa Perubahan

saranginews.com – Paulus Waterpaw, penjabat gubernur Papua Barat, berhasil mencapai perubahan besar dalam dua tahun.

Sejak pengangkatannya sebagai Menteri Dalam Negeri, Paulus telah menjadi pendukung kuat pemberantasan kemiskinan ekstrem, penurunan pendapatan, ketahanan pangan, dan inflasi.

BACA JUGA: Mantan Kabareskrim Polri Paulus Waterpaw Ikut Pilgub Papua

HDI (Indeks Pembangunan Manusia) Papua Barat meningkat dari 62,99 pada tahun 2017 menjadi 65,89 pada tahun 2022, dengan rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 0,84 persen.

Sementara itu, jumlah penduduk miskin di Papua Barat berkurang sebanyak 7.038 jiwa, dari 221.136 jiwa pada Februari 2022 menjadi 214.098 jiwa pada Februari 2023.

BACA JUGA: Profil Paulus Waterpaw, entertainer terbesar di bursa calon Gubernur Papua

Berdasarkan data Pelayanan Gizi Masyarakat Elektronik (E-PPGM), dari 2.659 anak stunting, sebanyak 544 anak stunting berhasil disembuhkan dengan tingkat keberhasilan 20,46 persen. Dengan demikian, pada September 2023, prevalensi penyakit tersebut di Papua Barat turun menjadi 15,53 persen.

Prestasi lainnya dilanjutkannya seperti penyusunan 21 Peraturan Zonasi Khusus (perdasus) dan Undang-Undang Zonasi (perdasi) sebagai kelanjutan dari Undang-Undang Pemerintah Nomor 106 dan 107 Tahun 2021.

BACA JUGA: Airlangga menunjuk Paulus Waterpauw sebagai Ketua DPD Golkar Papua Barat

Pemberian model hukum daerah merupakan amanat Undang-Undang Otonomi Khusus Nomor 2 Tahun 2021 Papua.

Dari sisi infrastruktur, saat ini sedang diselesaikan 9 proyek, antara lain perluasan Bandara Rendani Manokwari, proyek Jalan Lingkar Luar Manokwari, dan pembangunan Pasar Modern Sanggen.

Setelah itu dilakukan perbaikan outdoor lapangan Borarsi Manokwari, perbaikan lapangan olah raga dan lapangan Sanggeng, serta aktivasi balai latihan profesi.

Saat menjabat Wakil Gubernur Papua Barat, Paulus mendapat penghargaan atas pengendalian inflasi pada awal tahun 2022.

Penghargaan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2022 tentang Kebijakan Perlindungan Kekayaan Intelektual (KI).

Dari luar negeri mendapat penghargaan Global Gold Blue Park dari Pusat Konservasi Perairan tahun 2022 bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah Raja Ampat (provinsi Papua Barat Daya).

Masih banyak lagi penghargaan, seperti “Keselamatan Masyarakat” (2022), “Menteri Perekonomian” (2022), yang berkaitan dengan penyelesaian sengketa pemanfaatan ruang. (mcr30/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *