Buka Explore South Sumatera Expo, Pj Gubernur Agus Fatoni Kenalkan Kekayaan Alam Sumsel

saranginews.com, BADUNG – Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memperkenalkan kepada wisatawan nusantara dan mancanegara tentang peluang pariwisata, kuliner, kerajinan tangan, dan kesenian tradisional di Sumsel.

Hal itu diungkapkannya saat membuka Explore South Sumatra Expo 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata di Discovery Mall Bali, Badung, Kamis (25/4).

BACA Juga: Halalbihalal Pegawai Pemerintahan Sumsel, Hal Ini Dikatakan Plt Gubernur Provinsi Agus Fatoni.

“Proyek ini sengaja dibuat untuk bisa mempermainkan, menyampaikan informasi, dan menunjukkan kekayaan yang ada di Sumsel, baik seni, budaya, ekonomi kreatif, dan lain-lain,” kata Fatoni dalam laporannya. Sabtu (27/4).

Seperti diketahui, Provinsi Sumatera Selatan terdiri dari 17 kabupaten dan kota yang memiliki banyak sumber daya alam dan tempat wisata yang indah untuk dikunjungi wisatawan.

BACA JUGA: Plt Ketua PKK Tyas Fatoni Ditunjuk Ketua Majelis Posyandu Sumsel

Apalagi Bumi Sriwijaya juga memiliki beragam kuliner yang layak untuk dicicipi.

Fatoni mengatakan Sumsel merupakan salah satu daerah terluas di Indonesia, serta memiliki banyak tanah dan penduduk, karena Sumsel merupakan ibu dari wilayah Sumsel.

BACA: Pj Gubernur Agus Fatoni Puji Prestasi Imarah Banyuasin di Perayaan HUT ke-22

“Kekuatan cuacanya banyak dan pemandangannya indah, ada Danau Ranau, Gunung Dempo di Pagar Alam, ada pegunungan dan Sungai Musi,” kata Fatoni.

Tak hanya itu, Fatoni melanjutkan sambutannya mengatakan, teknologi ekonomi di Sumsel juga banyak dan mengalami kemajuan besar.

Fatoni mengatakan Explore South Sumatra Expo 2024 sengaja diadakan di Bali agar wisatawan domestik dan mancanegara bisa lebih mengenal Sumsel.

Sebab, Bali merupakan destinasi wisata internasional.

“Di Bali banyak wisatawan yang datang, baik domestik maupun internasional.” Makanya Bali kami jadikan tempat pertunjukannya,” ujarnya.

Fatoni mengatakan, kegiatan tersebut akan terus mendorong perkembangan usaha kecil, kecil dan menengah (UMKM) di Sumsel.

Kali ini, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya Explore Sumsel Expo 2024.

Fatoni mengatakan, “Kami berharap kegiatan selanjutnya lebih menarik, lebih besar, dan mencakup lebih banyak acara sehingga lebih banyak masyarakat yang bisa mengenal Sumsel dan budayanya yang berbeda.”

Kepada pengunjung Explore South Sum Expo 2024, Fatoni mengatakan produk yang dipamerkan memiliki kualitas terbaik di Sumsel.

Saat ini sudah tersedia penerbangan dari Bali ke Palembang dan sebaliknya.

“Kami mengapresiasi transportasi di Palembang pesawat dari Bali dan ini sedang kita upayakan untuk ditingkatkan. Kita berharap apa yang telah kita capai ini bisa membuat Sumsel maju dan UMKM berkembang dengan baik untuk membangun perekonomian,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal menambahkan Explore South Sumatra Expo 2024 merupakan kali kedua yang digelar pada 25-28 April 2024.

Proyek ini juga melibatkan UMKM di 17 kabupaten dan kota di Sumsel serta partisipasi di daerah lain di luar Sumsel.

Survei Pameran Sumsel 2024 meliputi kabupaten dan kota di Sumsel antara lain Kabupaten Muba, Musi Rawas Utara (Muratara), Kabupaten OKU Selatan, juga terdapat wilayah dan kabupaten/kota di luar Sumsel antara lain Kalimantan Selatan, Makassar, Kota Jambi, dan Bali. sebagai tuan rumah,” kata Aufa (mrk/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *