Bawaslu Buka Pendaftaran Panwascam untuk Pilkada 2024

saranginews.com – Palangka Raya – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 telah dimulai. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah telah membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Daerah (Panawaskam).

Menurut Andrawati, Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, pendaftaran dibuka mulai 23 April.

Baca juga: Meski begitu, PDIP tetap membuka pintu bagi Ahok di Pilkada Jakarta 2024

“Pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 hingga 27 April 2024,” kata Andrawati di Palangka Raya, Jumat (26/4).

Dikatakannya, sesuai pedoman BAWASLU, mekanisme pembentukan Panwaskom yang membawahi pilkada menggunakan mekanisme evaluasi kinerja anggota Panwaskom pemilu 2024.

Baca juga: Carlo Tevu Didorong Maju Sebagai Calon Gubernur Sulut

Menurutnya, Panawaskam Pilkada 2024 akan mengikuti evaluasi kinerja dengan menggunakan standar evaluasi Bawaslu Indonesia.

Selanjutnya pemetaan kepatuhan Panwaskam akan dilakukan berdasarkan hasil penilaian kinerja Panwaskam yang ada, ujarnya.

Baca juga: Pendaftaran PPK Dibuka untuk Pilkada 2024

Lebih lanjut Andravati mengatakan, jika panitia pengawas yang ada kurang dari tiga orang dan tidak memenuhi ambang batas minimal evaluasi kinerja, pihaknya akan melakukan proses rekrutmen bagi pendatang baru.

Panvaskam yang sudah ada tetap diminta melengkapi persyaratan administrasi terlebih dahulu.

Artinya, pernyataan kesediaan untuk mengikuti seleksi.

Kemudian surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau puskesmas yang memuat hasil tekanan darah, gula darah, dan kadar kolesterol.

“Sertifikat kesehatan rohani dan kebebasan narkoba serta berbagai surat pernyataan tersegel,” ujarnya.

Sebagai informasi, program pelatihan dimulai pada 23-27 April dengan registrasi Panvasakam yang sudah ada.

Selanjutnya pada 26-27 April evaluasi kinerja, penetapan dan pengumuman pengawas eksisting pengawas yang lolos pada 1-2 Mei 2024.

Apabila masih terdapat kekurangan kuota, maka akan dilakukan rekrutmen pendaftar baru bagi pendaftar umum yang pendaftaran dan verifikasi berkasnya akan dilakukan pada tanggal 5 hingga 7 Mei.

Belakangan, pada 12 Mei, hasil pemeriksaan berkas administrasi calon anggota Panvaskam dirilis.

Langkah selanjutnya, Tanggapan dan kontribusi dari masyarakat, mulai tanggal 12 hingga 17 Mei. Ujian Tertulis Peserta Baru Seleksi Panvaskam 13-14 Mei.

Pelantikan dan pengarahan Panavaskam menjelang Pilkada 2024 rencananya digelar pada 24-25 Mei 2024. (Antara/JPNN) Video terpopuler hari ini:

Baca artikel lainnya… Ungkapkan perbedaan pendapat, Saldi Isra Anggap logika politisasi kesejahteraan sebagai alasan hukum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *