APJATEL Harap Starlink Beroperasi di Daerah 3T

saranginews.com, JAKARTA – Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) Jerry M. Swandy berharap Starlink dapat beroperasi di wilayah perkotaan atau daerah 3T (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal).

Menurut Jerry, Starlink tidak akan berfungsi di kota besar. Hal ini karena penyedia Internet kabel telah melakukan investasi yang cukup mahal untuk menyediakan konektivitas.

BACA JUGA: Akmal Malik berkomitmen promosikan kawasan 3T, dukung pengembangan Bandara Ujoh, ujarnya

“Kami berharap Starlink bisa digunakan di perkotaan dan non perkotaan, 3T. “Jika Starlink masuk ke kawasan komersial atau perkotaan, maka akan mengganggu ekosistem dari segi harga dan pelayanan,” kata Jerry di Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (29/04).

Ia mengatakan, pihaknya masih melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait masuknya Starlink.

BACA JUGA: 2 Orang Tua Ketemu di Kuburan, Duel, 1 Meninggal, Ini Motifnya

Sedangkan Starlink merupakan proyek pengembangan konstelasi satelit yang dilakukan oleh perusahaan Amerika SpaceX.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk menghadirkan sistem komunikasi Internet satelit yang bercirikan efisiensi tinggi dan harga yang sangat terjangkau.

BACA JUGA: Pejabat Cabul Ini Serahkan Diri ke Polisi, Perilakunya Sangat Memalukan

“APJATEL berpendapat bahwa kami masih perlu berdiskusi dengan rekan-rekan Kominfo mengenai penerapan Starlink. Seberapa luas cakupannya?” – dia berkata.

Sementara itu, Direktur Telekomunikasi Direktorat Jenderal Pos dan Informatika (PPI Kominfo) Aju Widya Sari mengatakan, Uji Laik Operasi (ULO) Starlink kini telah selesai.

“Starlink sudah memiliki izin telekomunikasi. Semua orang mengambil langkah-langkah yang diperlukan. “Sudah selesai dua minggu lalu,” kata Aju.

Aju menegaskan Starlink telah mematuhi kewajiban dan mekanisme yang ada. Tidak ada bedanya dengan ISP lain yang sudah beroperasi di Indonesia.

“Iya bisa (berhasil),” kata Aju.

Ia juga berharap asosiasi seperti APJATEL bisa menjalin kerja sama dengan Starlink.

“Lebih baik bekerja sama. “Kerja sama lebih baik, sehingga menguntungkan kedua belah pihak,” imbuhnya. (mcr4/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *