Hari Pertama Karya Nyata Festival Vol.6 Pekanbaru, UMKM Pertamina Bukukan Transaksi Rp 1,2 Miliar

saranginews.com, PEKANBARU – PT Pertamina berhasil mencatatkan transaksi hingga Rp1,2 miliar pada hari pertama Festival Karya Nyata (KNF) Jilid 6 yang digelar di Aero Sport Ground Pekanbaru pada 26-28 April 2024.

“Pada hari pertama (Jumat 26/4), dana sebesar USD 1,2 miliar dihasilkan dari penjualan produk UMKM, serta MoU antara UMKM Riau dengan Organisasi Dunia Islam Malaysia (DMDI) Malaysia. Bekerja sama dengan PT Medan Bioenergi,” kata Dian Pratomo, CEO muda Rumah BUMN Riau.

BACA JUGA: Pertamina mengambil keputusan cerdas untuk menjamin keamanan energi dan stabilitas perekonomian.

Menurut Dian, kemitraan dengan PT Medan Bioenergi ini merupakan wujud kepedulian Pertamina terhadap lingkungan melalui Rumah BUMN.

“Kami membuat program RB Energy (Renewable Bioenergy). Kami mengumpulkan minyak jelantah dari usaha kecil dan menengah yang dibantu oleh Rumah BUMN Pekanbaru, Dumai, dan Kepulauan Meranti yang bergerak di bidang industri pangan,” kata Dian.

Baca Juga: Sukses Kembangkan Asuransi Jacindo Dengan Laba Bersih Rp 102,88 Miliar

“Dengan terselenggaranya Festival KFN Vol.6 ini, kami ingin mensosialisasikan program RB Energy dan mengedukasi masyarakat termasuk pelaku usaha kecil dan menengah bahwa menjaga lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. kita semua,” tambahnya.

Ditujukan untuk mengaktifkan dan mempromosikan produk-produk UKM, acara ini menyediakan platform bagi para wirausaha untuk memamerkan produk-produk premium mereka, berinteraksi dengan calon pelanggan, dan mendapatkan wawasan tentang tren bisnis berkelanjutan dan praktik terbaik.

BACA JUGA: Arena Balap Internasional Pertamina Mandalika Jadi Magnet Wisata Olahraga

Hal ini sejalan dengan tema festival Karya Nyata Vol.6, “Intensifikasi Kewirausahaan Berkelanjutan”.

KNF Vol.6 menyelenggarakan pameran 105 produk UKM berkualitas antara lain makanan, minuman, dan kerajinan tangan dengan dukungan BUMN selama tiga hari.

Acara tersebut juga menampilkan kegiatan business match, business talk, kompetisi kreatif berhadiah jutaan rupee, serta penampilan artis lokal dan metropolitan seperti Riau Rhythm, Discoplo, Iyet Bustami, dan Roni Parulian (Roni Idol).

“Organisasi KNF Vol.6 merupakan wujud nyata BUMNYA dalam mendukung perekonomian Pekanbaru. Oleh karena itu, kami berharap para pelaku usaha terus berinovasi dan berpikir kreatif dengan memanfaatkan kearifan lokal dan sumber daya yang ada. Hal ini akan berdampak langsung dan jangka panjang bagi pelaku UKM khususnya di Pekanbaru,” kata Dian.

Pada saat yang sama, Vice President Corporate Social Responsibility dan Manajemen SMEPP Pertamina, Fajriya Usman, menegaskan komitmennya untuk mendukung UKM sekaligus menerapkan Prinsip Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat, termasuk generasi muda.

“Pelaku usaha harus mulai menerapkan konsep bisnis yang tidak hanya bermanfaat bagi perekonomian, tetapi juga lingkungan dan kehidupan warga. “Oleh karena itu, Pertamina akan terus berkontribusi dengan memberikan pengetahuan dan edukasi kepada UKM dan komunitas yang mendukung terciptanya rantai pasok yang mendukung manufaktur berkelanjutan,” jelas Fajriya.

Sebagai pemimpin transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung tujuan nol emisi pada tahun 2060 dengan terus menggalakkan program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *