Belum 5 Tahun, KOSME Mampu Produksi Ribuan Produk untuk 270 Brands

saranginews.com – JAKARTA – Bisnis kosmetik dan produk perawatan kulit semakin digemari masyarakat karena banyaknya peluang bisnis.

Sebagai gambaran, nilai pasar produk kecantikan dan perawatan diri di Indonesia akan mencapai Rp 111 triliun pada tahun 2022.

BACA JUGA: J99 Corp Bagikan Santunan Ramadhan, Mulai dari Sembako hingga Puluhan Ribu Al-Quran

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melaporkan pertumbuhan industri kosmetik sebesar 21,9%, dari 913 perusahaan di industri kosmetik pada tahun 2022 menjadi 1.010 pada pertengahan tahun 2023.

Pertumbuhan industri kosmetika, khususnya yang termasuk dalam industri lokal, didominasi oleh usaha kecil dan menengah (UKM) yaitu sebesar 95%.

BACA JUGA: J99 Foundation Tawarkan Layanan Ambulans Gratis di Lima Kota, Catat Nomor Kontaknya

Selain berkembang pesat, bertambahnya jumlah generasi muda tanah air juga meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan produk kecantikan untuk menjaga penampilan dan kesehatan kulit, kata Direktur PT Kosmetika Global Indonesia (KOSME) Sabdha. Agung Trilaksana Selasa (30/4).

KOSME merupakan salah satu unit bisnis andalan J99 Corp. adalah salah satu perusahaan manufaktur kosmetik dan perawatan kulit terkemuka di Indonesia. KOSME memproduksi berbagai macam produk kecantikan mulai dari perawatan kulit, perawatan tubuh, perawatan rambut, perawatan pribadi, makeup, produk bibir, hingga parfum yang dapat diproduksi dengan biaya terjangkau dan dalam jumlah minimum yang bervariasi.

Lihat juga: J99 Corp. Penyajian air Artesis Jiwater, ringan dan menyegarkan

“Sebagai perusahaan manufaktur kosmetik, kami membantu pengusaha kecantikan dan pelanggan menciptakan merek kecantikan mereka sendiri dengan memberikan layanan yang unik,” ujarnya.

Mulai dari pembuatan sampel, bantuan branding/Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), layanan desain logo dan kemasan gratis, serta konsultasi pemasaran terkait layanan purna jual.

Dengan beragamnya layanan yang ditawarkan, para pengusaha kecantikan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memulai bisnis kosmetiknya sendiri.

“Kami juga menyediakan tenaga ahli dan teknologi canggih untuk menghasilkan produk kecantikan lokal berkualitas internasional,” ujarnya.

Sabdha menambahkan, proses pembuatan produk maklon berlangsung di tiga pabrik KOSME di Surabaya, Malang, dan Cikarang.

Tidak ada perbedaan antara pelayanan dengan produk yang dihasilkan karena setiap pabrik mempunyai standar untuk menjalankan seluruh prosedur pembuatannya sesuai Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), ISO dan BPOM sehingga kualitas produk yang dihasilkan terjamin.

“Kami juga memiliki standar operasional prosedur (SOP) internasional dalam proses produksi, pengemasan dan penyimpanan hasil produksi,” ujarnya.

CEO J99 Corp. Ganesya Widya mengatakan, tren kecantikan yang terus berkembang menyebabkan permintaan terhadap produk kosmetik dan perawatan kulit semakin beragam dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Sejak didirikan pada tahun 2018, KOSME merupakan bagian dari J99 Corp. terus berkembang dengan menghadirkan produk lokal berkualitas dan terpercaya yang didukung oleh layanan pelanggan premium.

“KOSME telah meluncurkan lebih dari 270 brand dan memproduksi lebih dari 1.400 varian produk untuk MS GLOW, MS Glow For Men, Skintheory, Natura World, Men’s Experience, Byebadskin, RANS Beauty, NOSUKU, PRSY dan lainnya,” kata Ganesha.

Shandy Purnamasari, pendiri MS GLOW, mengaku juga bekerja kontrak di KOSME.

Menurutnya MS GLOW mempercayai KOSME sebagai partner manufaktur karena mampu menghasilkan produk perawatan kulit yang berkualitas.

“Tidak hanya dari kualitas produk, One Stop Service juga banyak membantu kami dalam proses pengembangan produk baru dan pendistribusian produk ke mitra bisnis di seluruh Indonesia,” ujarnya. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *