Anies: Selamat Menjalankan Amanat Konstitusi

saranginews.com – JAKARTA – Calon Presiden Anies Baswedan memuji tim Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu 2024, Prabowo Subiant-Gibran Rakabuming Rak, yang mematuhi konstitusi.

Ucapan selamat tersebut menyusul putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak permohonan perselisihan hasil pemilihan presiden (PHPU) 2024 yang diajukan Anies-Muhaimin Iskandar dan calon presiden Ganjar Pranova-Mahfoud, MD.

BACA SEMUA: Usai Putusan MK, Cak Imin Kumpulkan Kalangan PKB

“Kami memberikan restu kepada Pak Prabov dan Pak Gibran yang memenuhi amanat konstitusi, restu yang memenuhi harapan rakyat yang ditempatkan di kedua bahu saudara,” kata Anies dalam keterangan video di Jakarta, Senin. (22/4).

Añez mengatakan dia berulang kali ditanyai pendapatnya tentang Prabova dan mengatakan Prabova adalah seorang patriot.

BACA SEMUA: Putusan Mahkamah Konstitusi Kecam Tuduhan TSM atas Kecurangan Pilpres 2024

“Saat ini saya masih percaya bahwa sebagai seorang patriot, saya adalah orang yang memiliki pengalaman pendidikan modern sejak kecil dan berasal dari keluarga ilmuwan yang terpandang,” ujarnya.

Añez yakin Prabova memahami pentingnya oposisi sebagai sekutu negara demokratis.

BACA JUGA: MK tolak kasusnya, MD Mahfoud ramah

Ia juga yakin Probova memahami pentingnya oposisi untuk menjaga stabilitas dan independensi tiga cabang pemerintahan: administrasi, hukum, dan peradilan.

Selain itu, jaminan kebebasan media merupakan pilar keempat demokrasi, dan yang tidak penting adalah terpeliharanya kebebasan masyarakat untuk berekspresi, menyampaikan pendapat, dan berkumpul secara demokratis.

“Sebagai seorang patriot, menurut saya Pak Prabova akan mengembalikan dan melestarikan nilai-nilai demokrasi tersebut di masa depan Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar mengatakan, dengan keputusan MK, pihaknya mengakui kekalahan dalam pemilu presiden.

“Dalam hal ini kami ucapkan selamat kepada kelompok kedua yang berhasil memenangkan pemilu 2024,” kata Muhaimin.

Ia berharap harapan dan kemenangan yang diberikan pasangan Prabowo-Gibran dapat mewujudkan Indonesia yang baik, maju, adil, dan sejahtera bagi semua. (Antara/JPNN)

BACA ARTIKEL LAGI… MK tolak kasasi Ma’min, tiga hakim konstitusi beda pendapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *